Sejarah Unssaf


Unnes Stock Exchange Study Forum, atau yang lebih dikenal dengan Unssaf adalah Badan Semi Otonom (BSO) yang fokus memberikan edukasi tentang pasar modal. Unssaf lahir pada tanggal 13 Desember 2011. Peresmian pendiriannya berupa sertifikat pendirian yang ditandatangani langsung oleh Drs. Bambang Prishardoyo, M.Si, selaku Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan FE Unnes saat Seminar Nasional Pasar Modal dan disaksikan oleh 250 peserta.

Pembentukan organisasi ini bermula saat panitia training pasar modal Hima Manajemen 2011 mengalami kesulitan mengonsep acara. Ini acara training. Namun, SDM yang dijadikan sebagai trainer yang bertugas sebagai pendamping peserta masih sedikit orangnya. Sehingga, kebijakan Hima pada saat itu mengubah training menjadi seminar.

Namun, perubahan dari training ke seminar tidak serta merta tinggal mengubahnya. Ada sebuah tugas besar yang arus diemban. Sebuah tugas untuk mencari solusi bagaimana cara menambah jumlah kuantitas sumber daya manusia yang tahu akan pasar modal. Mencari solusi inilah tugas berat yang harus diemban saat merubah acara dari training ke seminar.

Moh. Khoerudin, S.E., M.Si memiliki peran yang besar sebagai pemberi solusi atas masalah itu. Saran beliau pada saat itu adalah membuat sebuat komunitas atau kelompok studi pasar modal seperti di universitas-universitas lain. Berawal dari ide inilah, kemudian ditindak lanjuti dengan
membentuk tim renstra oleh Royan Aziz (Ketua Hima Manajemen 2011) sebagai bentuk keseriusan memecahkan solusi sekaligus membangun organisasi baru.

Tim Renstra langsung dibawah koordinasi ketua Hima dengan arahan langsung dari Moh. Khoirudin. Mengonsep organisasi secara keseluruhan, mulai dari AD/ART, rencana strategis kedepan, program program, dan manajemennya merupakan tugas berat yang harus diemban oleh tim renstra. Bukan hanya itu, Tim renstra juga harus bisa meloloskan perizinan pendirian organisasi baru di tingkat birokrasi dengan waktu yang cukup singkat. Kurang dari dari satu bulan.

Awal mula Unssaf dirumuskan berkedudukan di bawah Jurusan Manajemen, satu level dibawah Hima Manajemen. Melihat perkembangan Unssaf dan kebutuhan mahasiswa akan edukasi dibidang Pasar Modal, melalui Kongres Keluarga Mahasiswa(KKM) FE Unnes pada tanggal 20 Januari 2015, Unssaf resmi diangkat menjadi Badan Semi Otonom (BSO) berkedudukan di bawah Fakultas Ekonomi. Meski sekarang berkedudukan dibawah Fakultas Ekonomi, namun, antara Unssaf dan Jurusan Manajemen diharapkan tetap terjalin sinergitas yang baik diantara keduanya.

Meskipun Unssaf dibentuk dengan berlatar belakang untuk meningkatkan SDM yang kompeten dibidang pasar modal, namun banyak hal yang menjadi pertimbangan mengapa organisasi ini harus ada. Perkembangan dunia pasar modal sangatlah pesat. Mahasiswa sebagai seorang akademik, pengetahuan detail dan up to date tentang kondisi pasar modal haruslah tahu. Namun, kenyataannya banyak mahasiswa yang belum tahu tentang pasar modal. Bahkan, ada yang mengira pasar modal kegiatannya seperti bazar/expo. Kondisi inilah yang juga masuk menjadi salah satu pertimbangan ketika Pemangku kebijakan tertinggi Hima Manajemen memutuskan untuk mendirikan kelompok studi pasar modal ini.
Selain itu, dengan adanya kepak sayap Unssaf, diharapkan bisa menjadi pusat studi pasar modal bagi mahasiswa yang ingin menggeluti dunia pasar modal. Organisasi ini menjadi tempat pengkajian dan pembelajaran semua hal yang berkaitan dengan pasar modal. Sehingga, nantinya organisasi ini akan melahirkan lulusan yang benar-benar cakap dan pandai di bidang pasar modal.

No comments:

Pages