Skip to main content

CINTA RASA LEZAT UNTUK INVESTASI HEBAT


RAPAT KERJA DAN PELANTIKAN
UNNES STOCK EXCANGE STUDY FORUM TAHUN 2015
CINTA RASA LEZAT UNTUK INVESTASI HEBAT”

 Gmbr. Pelantikan Pengurus Unnsaf tahun 2015

Sabtu (07/03/2015) Pengurus Professional Unnes Stock Exchange Study Forum atau sering disingkat UNSSAF Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang kepengurusan tahun 2015 secara resmi dilantik. Tepat pukul 08.45 pelantikan pengurus professional dimulai di ruang C3.224 Fakultas Ekonomi Unnes. Setelah pembawa acara membacakan Surat Keterangan (SK) Pelantikan UNSSAF , satu persatu pengurus UNNSAF maju kedepan untuk dilantik. Pada kepengurusan tahun ini terdiri dari 41 orang pengurus professional mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Ekonomi dari berbagai jurusan. Dengan komposisi sebagai berikut: BOD (Board Of Director) dan 6 Departement diantaranya HRD (Human Resource Departement), Investment Departement, Education Department, Event Department, SIM (Sistem Informasi Management) Department, serta PR (Public Relation) Department.
 
Fungsionaris Unssaf 2015 bersama BOC dan Jajaran Birokrat

Setelah pelantikan selesai, diadakan serah terima jabatan secara simbolis Kepengurusan tahun 2014 oleh Tri Ari Kurniatiningsih kepada Kepengurusan tahun 2015 Rendy Irawan. Pada sambutan Ketua Direktur mengatakan “ Walaupun UNSSAF masih berusia 3 tahun yang masih balita tetapi mampu menjadi dewasa dan berkontribusi besar terhadap Universitas Negeri Semarang dan memberikan edukasi kepada mahasiswa tentang Pasar Modal.” Dia juga mengucapkan terima kasih telah dipecaya untuk kepengurusan tahun 2015 diserahkan kepadanya, dan akan mengemban dengan baik. Selain itu dia juga memberikan apresiasi kepada Ketua Direktur tahun 2015 Tri Ari yang telah mensukseskan kepengurusannya dengan baik.


Dalam pelantikan ini dibuka secara resmi oleh Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi Drs. Bambang Prishardoyo, M.Si. dan dihadiri juga Ketua Jurusan Manajeme Rini Setyo W, S.E., M.M., Sekretaris Jurusan Manajemen Andhi Wijayanto, S.E., M.M., Pendamping UNSSAF Bayu Bagus Hapsoro, S.E., M.M., serta Kepala Laboratorium Pasar Modal Sri Wartini, S.E., M.M. Dalam sambutannya beliau mengharapkan bahwa UNSSAF tidak hanya memberikan edukasi kepada mahasiswa tentang pasar modal tetapi harus membawa almamater Universitas Negeri Semarang khususnya Fakultas Ekonomi. Apabila perlu UNSSAF mampu menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa lingkup Universitas.

Peresmian Unssaf sebagi BSO Fakultas Ekonomi

Pada tahun ini Unnes Stock Exchange Study Forum secara resmi juga telah menjadi BSO (Badan Semi Otonom) ditingkat Fakultas, bukan lagi dibawah jurusan Manajemen tetapi juga masih bekerja sama dengan jurusan Manajemen. Pada pelantikan tahun 2015 ini, mengusung tema “Cinta Rasa Lezat Untuk Investasi Hebat”. Dengan tema tersebut harapannya UNNSAF menjadi tempat untuk belajar tentang pasar modal bagi kaum muda khususnya mahasiswa yang ingin berinvestasi agar kelak mendapat hasil yang besar. (Adnan Abdul S/ BOD Unnsaf).

Comments

Popular posts from this blog

Trading Limit Bukan Margin Trading

Dalam berinvestasi saham, ada istilah yang cukup terkenal yaitu Margin Trading. Secara sederhana Margin Trading dapat diartikan sebagai membeli saham dengan menggunakan dana pinjaman. Misalkan suatu perusahaan efek memberikan fasilitas Margin sebesar 100%, artinya jika nasabah memiliki dana tunai sebesar Rp200 juta, maka nasabah tersebut dapat membeli saham hingga Rp400 juta (Rp200 juta dana tunai nasabah ditambah Rp200 juta dari fasilitas Margin). Fasilitas Margin tersebut relatif populer di kalangan Investor karena dapat meningkatkan daya beli. Namun demikian, sistem Margin Trading ini memiliki resiko yang disebut Margin Call dan Forced Sell. Margin Call adalah pemberitahuan bagi nasabah bahwa terjadi penurunan harga saham sehingga nilai saham yang menjadi jaminan berkurang sementara besarnya fasilitas Margin nilainya tetap. Jika nasabah memperoleh Margin Call, maka nasabah harus menambah (Top Up) dana atau menjual

Mendeteksi Bandarmologi dengan Volume Analisis

Banyak kita jumpai atau sering kita dengar bahwa untuk mendeteksi pergerakan smart money, big fund, atau bandar kita harus menganalisis volume. Hal tersebut benar adanya, namun perlu kita ketahui bahwa selain price ( harga saham ) yang dapat dengan dimanipulasi, volume saham pun dapat di manipulasi. Jika kita hanya melihat suatu angka yang tertera pada summary/ rekap pada data transaksi, maka hal tersebut tetaplah masih dapat dikatakan analisis yang bias. Dalam buku berjudul Value in Time karya Pascall WIllain, disebutkan bahwa pergerakan bandar/ big fund/ smart money dapat terdeteksi APABILA kita dapat memisahkan volume aktif dan volume pasif. Penjelasan mengenai kedua jenis volume tersebut tidak dapat saya tulis di blog ini karena akan memakan waktu  panjang untuk pembahasannya, namun secara garis besar pemahaman tersebut adalah benar.

Desa Wisata Kandri Sadar Investasi

          Desa Kandri terletak di kecamatan Gunung Pati, berada di ujung barat kota Semarang. Jika diakses menggunakan kendaraan pribadi kurang lebih 30-45 menit dari pusat Kota Semarang. Desa Wisata Kandri juga memiliki obyek wisata yang sering dikunjungi oleh beberapa wisatawan lokal, yaitu ada Goa Kreo dan juga Waduk Jatibarang serta berbagai piilihan wisata dengan slogan “Kandri WAE (Wisata Adventure Edukasi)” dimana terdapat berbagai paket wisata jelajah desa, pelatihan pembuatan kuliner olahan khas desa, seni dan budaya.