Wednesday, 30 March 2016

Let’s talk about Capital Market Part 1


Guys!! Investasi merupakan kebutuhan bagi masyarakat dunia. Eksistensi investasi sangat berpengaruh bagi peningkatan kesejahteraan hidup bagi masyarakat di dunia termasuk di indoneisa. Diera digital seperti sekarang ini investasi dipasar modal merupakan hal yang sangat urgent untuk dilakukan oleh masyarakat luas tanpa mengenal status sosial baik itu siswa, mahasiswa, pekerja kantoran sampai office boy (OB). Sampai saat ini investasi dipasar modal terutama di saham masih dianggap invetasi yang menyimpang dari aturan yang benar  atau sering disebut sebagai gambling (judi). Wow, berarti ada gamblers dong??
unfourtunately, mereka yang mengatakan investasi di pasar modal sebagai judi sama sekali belum mengerti regulasi perdagangan saham di bursa efek . Well, bicara investasi tentu kita aka mengharapkan keuntunagn atau profits . Invetasi dipasar modal memberikan yield yang lebih besar di bandingkan dengan investasi disektor keuangan yang lainya seperti deposito perbankan karena ada 2 keuntungan yaitu capital gain dan deviden (singkatnya begitu lah)
Well, untuk meningkatkan pengetahuan pasar modal bagi staff professional, sebagai salah satu badan semi otonom (BSO) di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, Unnes Stock Exchange Study Forum (Unssaf) melalui Departeman Edukasi telah melaksanakan salah satu programnya  yaitu Let’s talk about Capital Market Part 1.
Oya guyss, Secara umum rangkaian acara let’s talk about capita market (LTCM) meliputi  share materi, brainstrorming, dan speak up your arguments. (LTCM) part 1 telah dilaksanakan pada hari minggu  tanggal 19 maret 2019 bertempat di pelataran auditorium Unnes dari pukul 09.00 am s.d. 11.30 am.
Seperti apa ya kegiatanya? Let’s talk about capital market merupakan salah satu kegiatan edukasi bagi staff professional unssaf untuk meningkatkan pengetahuan yang lebih mendalam mengenai pasar modal dilihat dari beberapa aspek. Sesuai dengan nama kegiatan tersebut “let’s talk” yang berarti “Mari berbicara” dan “capital market” yang berarti pasar modal, fungsionaris unssaf diharapkan mampu memberikan argumentasi mereka terhadap materi yang telah di berikan pada kegiatan investment trainee. Wah apalagi tuh....? ah, singkatnya internal edukasinya staff professional Unssaf. hehe
OK...Melatih argumentasi meraka dalam acara seperti ini merupakan hal yang sangat penting untuk mengukur kemapuan berfikir logis fungsionaris menganai dunia pasar modal.  Selain itu, kegiatan ini mewajibkan staff professional untuk memakai billingual languange yaitu 70 % memakai bahasa inggris dan 30% memakai bahasa indonesia. Hal ini tentu menberikan warna yang berbeda dengan kegiatan yang lain di lingkungan fakultas ekonomi. Penggunaan billingual language pada let’s talk about capital market merupakan salah satu terobosan baru bagi Unssaf untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing  bagi staff professionalnya, mengingat perkembangan era global  menuntut competitivness yang lebih tinggi untuk bisa bersaing dengan masyarakat dunia.

Thursday, 3 March 2016

Pelantikan dan Rapat Kerja Unnes Stock Exchange Study Forum 2016



Sabtu, 27 Februari 2016, merupakan hari bersejarah bagi Unnes Exchange Study Forum, karena 42 mahasiswa yang telah berhasil lolos 3 jalur seleksi akan resmi dilantik oleh Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan FE UNNES. Seperti pelantikan pada umunya, acara dimulai dengan membaca Alqur’an dan dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dengan tema “I’m Ready to be A Part of Unssaf 2016 and be Involved Global Development” ketua pelaksana menjelaskan maksud dan tujuan tema tersebut dalam sambutannya. Setelah sambutan dari ketua panitia, ialah acara inti yaitu pelantikan Staff Profesional UNSSAF 2016, pembawa acara membacakan SK dan dilanjut pemanggilan kepada 42 calon Staff Profesional  yang terbagi menjadi 7 departmen yaitu Board of Director atau pengurus harian, Education Department, Human Resourch Development Departement, Investmen Department, Public Relation Department, Management Information System Department dan Event Department. Dengan tegas 42 Staff Profesional mengikrarkan sumpah dan janji yang dibacakan oleh Kepala Jurusan Manajemen FE Unnes.
                Setelah dilantik, ucapan selamat disampaikkan segenap tamu undangan dari pimpinan fakultas dan LK/BSO FE Universitas Negeri Semarang, kebahagiaan Staff Profesional UNSSAF 2016 semakin terasa ketika acara pemotongan tumpeng oleh Aditya Purna Nugraha “Direktur UNSSAF 2016” yang diberikan kepada Ibu Rini setyo Witiastuti dan Direktur UNSSAF 2015 Rendi Irawan. Dalam sambutannya, Rendi Irawan menyampaikan pesan kepada seluruh Staff Profesional UNNSAF 2016 agar selalu semangat dan pantang menyerah dalam menjalankan kepengurusan dalam satu periode ke depan sekaligus menyerahkan tampu kepemimpinan kepada Aditya Purna Nugraha sebagai Direktur UNSSAF 2016, acarapun dilanjut dengan sambutan dari Direktur UNSSAF 2016 yang menyampaikan harapan yang ingin dicapai selama menjadi Direktur.
                Selanjutnya ialah sambutan dari Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan yang diwakili oleh Ibu Rini Setyo Witiastuti. “UNSSAF telah memperoleh perhatian khusus di Fakultas Ekonomi atas kontrbusi luar biasa di tahun 2015, harapannya kepada Staff Profesional 2016 bukan hanya mempertahankan tapi juga mampu mengembangkan UNSSAF agar tambah berkontribusi untuk UNNES” itulah harapan yang diungkapkan oleh Ibu Rini Setyo Witiastuti. Sebelum pelantikan selesai, Ibu Rini Setyo Witiastuti mewakili Bapak Bambang Prishardoyo yang berhalangan hadir untuk menuliskan harapan kepada kepengurusan 2016 diatas kertas Wishes Board.
                Pelantikan telah usai, kebahagiaan terpancar disetiap wajah Staff Profesional UNSSAF 2016. Hal tersebut menandakan dimulainya rapat kerja, yang dimulai dari Board of Directur, Education Departmen hingga Human Resourch Development Departmen dan departemen-departemen lainnya untuk menyampaikan progja dan agenda masing-masing. Penyampaian program kerja dan agenda berjalan dengan tenang dan lancar. Akan tetapi tidak berarti setiap progja ataupun agenda disetujui oleh forum, karena banyak sekali kritik dan saran yang disampaiakan oleh forum yang tentunya agar progja dan agenda selama satu periode kedepan benar-benar layak dan dibutuhkan.
                Ke depannya diharapkan Unssaf lebih bisa mengedukasi, bermanfaat, dan berkontribusi bagi fakultas, universitas, maupun pihak-pihak lainnya yang membutuhkan. Untuk Staff Profesional Unssaf 2016, selamat dating, selamat bergabung, dan selamat berkontribusi bersama. Unssaf tidak berarti apa-apa tanpa kalian, tetap polpolke untuk kalian semua.

Tuesday, 1 March 2016

Pengambilan Kartu AKSes KSEI


Hy Investor muda..
Masih ingat progam Yuk Nabung Saham yang kemarin? Buat kalian yang ikut progam Yuk Nabung Saham bisa mengambil Kartu Akses kalian. Apa sih Kartu Akses itu? Kartu Akses adalah kartu yang diberikan oleh KSEI atau Kustodian Sentral Efek Indonesia kepada anda melalui perusahaan pialang. Kartu akses ini   berisi informasi yang diperlukan untuk mengakses website KSEI dan juga ada nomor identitas investor (Investor ID).
Untuk pengambilan Kartu Akses dapat diambil di Galeri Investasi C6 Lt.2 FE UNNES dan pengambilan Kartu Akses sesuai dengan huruf pertama nama Mahasiswa.
Adapun jadwal pembagiannya sebagai berikut:
A-E : Rabu, 2 Maret 2016
F-J  : Kamis, 3 Maret 2016
K-O  : Jum'at, 4 Maret 2016
P-T  : Senin, 7 Maret 2016
U-Z  :Selasa, 8 Maret 2016 

Atas kerja samanya kami sampaikan terima kasih.
Salam Polpolke!

Untuk mengetahui lebih lanjut apa Kartu Akses itu silakan teman-teman bisa baca pada link berikut ini:
http://belajarinvestasi.com/artikel-saham/kartu-akses.html
https://akses.ksei.co.id/info/faq