Monday, 25 April 2016

UNSSAF Goes To School SMA 1 Jepara



UNSSAF Goes To School merupakan agenda kelanjutan dari periode kepengurusan sebelumnya. Tahun lalu program kerja ini masuk ke department event, namun tahun ini ada perubahan yaitu program kerja Unssaf Goes To School (UGTS) masuk dalam program kerja Public Relation Department. Inti dari kegiatan ini, Unssaf secara langsung memberi edukasi sederhana, mengenai Pasar Modal dengan tujuan memberikan pemahaman kepada generasi muda mengenai dunia Pasar Modal dan apa yang ada didalamnya. Secara tidak langsung, kami juga ingin menanamkan sebuah pemikiran baru bahwa investasi itu penting dan tidak memerlukan modal besar untuk memulainya. Sehingga harapan kami nantinya, mereka tidak takut lagi untuk masuk dunia Pasar Modal dan berani menjadi investor muda yang cerdas.
Pada tanggal 16 Maret 2016, Unssaf secara terbuka diundang untuk mengedukasi SMA 1 Jepara dan agenda tersebut tentu saja sudah terlaksana. Antusias yang luar biasa dari para siswa SMA 1 Jepara serta guru pengampu Mata Pelajaran Ekonomi.
Tema dari UGTS tahun ini sendiri adalah “Introducing Capital Market to Create a Young Investor”. Sesuai dengan tema tersebut, Unssaf sendiri tidak hanya memberikan edukasi mengenai Pasar Modal kepada para siswa tetapi juga memperkenalkan kepada mereka mengenai simulasi trading sederhana dan tata cara menjadi investor yang baik. Tujuannya dalah agar mereka tidak memiliki anggapan bahwasanya investasi itu harus dengan ilmu. Disini kami menekankan bahwa investasi itu penting untuk kita kelak, untuk masa depan, tidak harus menunggu tua, bahkan akan sangat baik jika dilakukan secara dini.
Penasaran dengan kegiatan kita seelama di SMA N 1 Jepara ?
Ini beberapa hasil dokumentasi yang berhasil kami abadikan pada saat UGTS kemarin :

Tadi itu beberapa momen yag berhasil diambil pada saat UGTS kemarin di Jepara. Untuk kalian siswa-siswi SMA, jika ingin sekolahmu mendapat kesempatan berbagi ilmu dengan Unssaf, bisa kok dengan hubungi kami di web atau facebook. Tentunya jadilah investor muda cerdas. Investasi tidak perlu menunggu tua kok, ya kalau diberi umur panjang J ! bye-bye
Unssaf ! Polpolkeee!!!

Study banding Upgris ke Unnes


            Hay Unssafer, tau gak sih? Tanggal 9 April kemarin Unssaf kedatangan tamu dari Upgris (Universitas PGRI Semarang) loh. Ngapain sih mereka jauh-jauh dari Upgris ke Unnes yang jalannya naik-naik ke puncak gunung gitu? Hehe. Penasaran kan? Cek yuks….!
            Jadi ceritanya, temen-temen Upgris datang ke Unnes buat sharing-sharing sama temen-temen Unssaf terkait program kerja dari Unssaf. Mereka tiba di Unnes pukul 08.30. Teman-teman Unssaf  langsung menyambut kedatangan mereka di depan Gedung C6 dengan senang hati. Rombongan dari Upgris berjumlah 27 orang bersama dengan Bapak Dwi Prastiyo S.E., M.Si.  selaku pendamping. Tema dari acara ini sendiri adalah “Learning from Everyone, Folow No One”. Maksudnya apa sih? Jadi, makna dari tema ini adalah kita belajar dari semua orang tetapi dengan tidak mengikuti salah satunya. Kita mengambil hal-hal yang positif dari segala hal yang kita pelajari.
Acara sharing ini bertempat di C3 219 dan dimulai dengan sambutan  dari Bapak Dwi Prastiyo S.E., M.Si pembina Upgris, Bapak Kris Brantas Abimanyu pembina Unssaf, Ricky Indrianto ketua KSPM Upgris, dan terakhir sambutan Direktur Unssaf Aditya Purna Nugraha. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemaparan dari Unssaf terkait program kerja yang akan dilaksanakan setahun ke depan. Pemaparan awal disampaikan oleh Aditya Purna Nugraha selaku Direktur Unssaf kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari masing-masing manajer dari setiap departemen. Dari Departemen HRD dipaparkan oleh Rizki Kumala Sari Z., Departemen SIM oleh Annisa Norma Sari, Departemen PR oleh Adnan Abdul Syafi’i, Departemen Event oleh Ina Rizqiyana,  Departemen Edukasi oleh Tubagus Fahmi, dan Departemen Investment oleh Fajar Setiaji.
Seusai pemaparan dari Unssaf, banyak banget pertanyaan dari teman-teman Upgris yang pengen tau lebih jauh lagi tentang progja-progja Unssaf. Ada yang tanya terkait edukasi, progja Departemen PR, progja Departemen Investmen, Departemen SIM, dan masih banyak lagi. Semua pertanyaan dari temen-temen Upgris dijawab oleh temen-temen Unssaf dengan jelas. Alhasil mereka puas dengan jawaban yang diberikan. Seusai pemaparan, ada open mic dari salah satu temen Unssaf yaitu Fatra Yudha Hadijaya. Dengan gaya kocaknya dan ciri khasnya yang usil, Fatra berhasil membuat seisi ruangan tertwa. Di akhir acara, ada foto bareng temen-temen Unssaf dan temen-temen Upgris dengan masing-masing pendamping. Alhamdulillah, seluruh rangkaian acara berjalan lancar dari awal sampai akhir.

 Nah.. jadi begitu ceritanya. Semoga besok-besok ada acara kayagini lagi ya? Biar rasa kekeluargaan antar KSPM se-Semarang semakin erat, bukan cuma antara temen-temen dari Upgris dan Unssaf. Buat temen-temen Upgris jangan kapok main ke Unnes yaa? See you next time JJ.

company visit to PT. Nippon Indosari Corpindo (IDX : ROTI)


Hai unssafers, temen-temen dari Public Relation Department (PR) baru aja melaksanakan program kerja ketiganya loh! Penasaran sama apa program ketiga dari PR? Simak terus ceritanya ya J
Tanggal 12 April kemarin temen-tmen PR baru aja merealisasikan program kerja ketiganya yaitu “Company Visit” atau orang sering bilang sih kunjungan industri. Nah kali ini kita berkunjung ke PT Nippon Indosari Corporindo, Tbk atau lebih dikenalnya dengan pabrik Sari Roti yang ada di kawasan industri Wijaya Kusuma Semarang. Tema dari kegiatan ini adalah “Networking is Not about Collecting Contact”. Maksudnya dalam mencari relasi itu kita ga cuma ngoleksi kontaknya aja, tapi kita berkunjung dengan baik melalui compny visit ini. Tujuan dari company visit itu sendiri adalah untuk mengetahui proses produksi dan manajemen perusahaan. Jadi pas banget nih, bagi temen-temen yang pengen beli saham dari perusahaan sari roti bisa jalan-jalan skaligus cari-cari informasi hehe.
Peserta compnay visit ini ga cuma dari PR doang loh, tapi temen-temen dari departemen lainnya di Unssaf juga banyak yang ikut, jadi totalnya ada 26 peserta. Sebelum berangkat kita kumpul dulu nih di PKM Joglo buat briefing, baru deh sekitar pukul 09.30 kita cus ke lokasi. Nah sampai sana kita ga boleh langsung masuk tapi disuruh baris dulu biar masuknya rapi dan teratur. Waah… serasa jadi anggota PBB loh kita hehe. Selama berada di lokasi pabrik, kita ga boleh bawa sampah ataupun foto-foto tanpa seizin dari pihak keamanan. Pokoknya ketat banget deh disana. Setelah semuanya siap, baru kemudian kita masuk ke aula. Disana kita disambut sama mba Uun  selaku staff marketing dari Sari Roti.
Acara pertama di aula adalah pengenalan produk Sari Roti yang disampaikan sama mb Uun sambil diputerin video tentang macam-macam produk Sari Roti. Nah setelah itu baru deh kita diajak keliling buat lihat proses produksinya. Unssafers tau ga sih, ternyata ruangan produksinya itu bersih banget, trus alat-alatnya juga dijamnin steril loh. Karena hampir semua proses produksi sudah menggunakan mesin-mesin canggih, jadi penggawainya dikit banget. Wah kalo semua pabrik pake mesin gini, pasti pengangguran tambah banyak nih hehe.  
Waktu keliling lihat proses produksi, kita dipandu sama mas Ari, beliau juga menerangkan serangkaian dari proses produksi. Tapi sayang banget nih, karena kita dapet jam berkunjung siang, jadinya kita cuma bisa lihat proses produksinya roti sobek. Itupun juga cuma proses pengeringan dan pengemasan aja. Dengerin penjelasan dari mas Ari sambil lihat roti-roti keliling di mesin-mesin ternyata bikin temen-temen Unssaf jadi laper hehe. Sabar ya temen-temen J. Setelah puas berkeliling kita balik deh ke aula buat bincang-bincang seru sama mb Uun. Pas sesi ini mb Uun jelasin kalo Sari Roti mau ekspansi ke Negara Filipina loh. Wow bagus banget nih prospeknya, barangkali bisa buat referensi bagi temen-temen yang mau beli sahamnya Sari Roti.
Setelah selasai sesi tanya jawab, direktur Unssaf yaitu mas Aditya Purna Nugraha pidato bentar sebagai perwakilan dari temen-temen Unssaf dan ngasih kenang-kenangan buat Sari Roti, trus lanjut deh foto-foto. Pas mau pulang, ternyata kita dikasih bingkisan yang isinya beberapa produk dari Sari Roti. Waah, lumayan nih dapet roti gratisan hehe.
Nah jadi gitu ceritanya, gimana? menarik banget kan? J Semoga di bulan berikutnya PR bisa ngadain kunjungan industri ke perusahan lainnya juga, biar relasi Unssaf tambah banyak. Oh iya Unssafers, progja PR kan masih banyak, jadi ikutin terus cerita kita ya J  Bye….

Tuesday, 5 April 2016

Makrab Unssaf


Hay gaes. Tahu tidak sih kemarin Sabtu dan Minggu tanggal 5 s.d 6 Maret 2016, Departemen HRD yang mengurusi SDM dalam organisasi ngadain acara Q – Time (Quality Time) atau yang sering disebut sama temen temen dengan sebutan  Makrab alias malam keakraban (alaah banyak amat yah istilahnya). Acaranya tuh bertempat di  Victory Vila, Bandungan. Dari tujuan acara ini yang pasti adalah untuk mengakrab semua staf professional KSPM  UNSSAF itu sendiri. Karena sebelum menjalankan semua progja yang ada semua staf pro sudah akrab dan bisa bekerja sama, baik satu departemen maupun dari semua staff . dari perasaan seneng, lucu, terharu mengiringi acara ini ya gaes. Selain staffpro unssaf para penggedenya Unssaf alias BOC juga para alumni turut hadir pula untuk meramaikan acara yang yahuud itu. Namun Pembina kita yaitu pak Krisbrantas Abiprayu (hehe maaf pak kami lupa titlenya) berhalangan hadir di acara ini karena ada acara lain diluar kota.
Kami mengadakan ini secara sadar dan memiliki tujuan yang pasti ga asal asalan emangsih keliatannya acaranya santai gitu seneng2 tapi di balik tiap acaranya diselipkan makna mendalam buat semua staffpro unssaf pastinya. Sebelum berangkat ke Bandungan kita kumpul dulu di PKM Joglo FE Unnes pukul 08.00. Selanjutnya mulai perjalanan ke sana pukul 09.00 WIB.  Kami kesana naik odong odong lhooo eh salah maksutnya kami naik motor kesana boncengan2an gitu seru kan, ya walaupun ada beberapa yang ketinggalan di perjalanan. Namun Alhamdulillah semuanya sampai ke tempat tujuan dengan selamat, sehat, sentosa, aman tanpa ada yang kurang sedikitpun, eh lupa ada yang kurang yaitu bbm motor motor kami hehe :D .
Setelah kami sampe villa, acara pertama adalah isoma, makan bersama di aula kemudian sholat berjamaah. Setelah salat berjamaah para peserta berkumpul di aula untuk game perkenalan , game ini bertujuan agar para anggota unssaf semakin mengenal satu sama lain . Game dimulai dengan para peserta berhitung lalu memperkenalkan diri. Kemudian peserta akan ditunjuk untuk menyebutkan identitas peserta lain seperti nama,jurusan dan departemen, bagi yang salah maka wajahnya akan dicoret menggunakan lipstik.
kegiatan selanjutnya adalah materi event organizer yang diisi oleh (lupa namanya). Pada pelatihan ini peserta dibagi dalam beberapa kelompok untuk membentuk sebuah panitia yang diberi tugas untuk membuat sebuah acara. Dalam kelompok tersebut berisi ketua panitia,sie acara,sie humas, sie logistik, sekretaris, dan konsumsi.  Beberapa orang panitia mempunyai peran lain seperti menjadi agen pembicara, agen tempat acara, dan agen perusahaan. Tantangan semakin seru karena selain harus membuat konsep acara, tiap kelompok juga harus menyesuaikan anggaran dan berusaha mendapatkan dana dari sponsor perusahaan.
Setelah pelatihan selesai , dilanjutkan isoma. Malam harinya setelah makan, dimulai acara pensi dari tiap departemen yang menampilkan berbagai pertunjukan seperti dance, drama ,dan  puisi berantai. Semua membaur dalam keceriaan makrab hingga tengah malam. Acara selanjutnya adalah tidur, namun sebagian peserta memilih untuk bersantai menghabiskan malam dengan berkumpul dan mengobrol satu sama lain.
Pukul 4.00 pagi para peserta udah bangaun untuk melaksanakan diskusi dengan para alumni dan BOC hingga waktu subuh tiba. Semuanya salat subuh berjamaah dan dilanjutkan dengan game pagi yaitu mencari ID card masing-masing. Para peserta mencari id card yang telah disembunyikan di sekitar lingkungan kompleks villa dengan penuh semangat. Cukup sulit menemukan id card karena disembunyikan di tempat-tempat yang tak teduga.
Setelah semua id card ditemukan, acara dilanjutkan dengan senam bersama untuk menjaga badan tetap sehat. Setelah senam para peserta masih bermain main di halaman villa. Para cowok bermain bola dan ada juga yang asyik berselfie .
Selanjutnya semua peserta kembali ke aula untuk sarapan. Setelah itu acara pembagian doorprize untuk para peserta , dengan berbagai kategori yang unik.
Setelah itu semuanya berkemas-kemas , lalu berfoto bersama dan pulang.
terimakasihhhhh