UCMC 2017 - BRAVERY BEYOND INFINITY





Unnes Capital Market Competition kembali digelar di tahun 2017 ini dengan tema “BRANDIT : Bravery Beyond Infinity”. Tema tersebut mengandung makna bahwa kita harus selalu optimis menggapai mimpi, berani keluar dari batas biasa dan melampauinya menjadi luar bisa.
Event yang diketuai oleh Dewi Arina Rusda(Dept Event) ini dimulai pada sesi Pendaftaran Presale I dari tanggal 1-25 Agustus 2017, kemudian dilanjutkan Pendaftaran Presale 2 tanggal 26 Agustus-6 Oktober 2017. Dari dua sesi pendaftar tersbut, UCMC 2017 diikuti oleh 162 tim yang masing-masing terdiri dari 2 orang. Capaian ini tentu menjadi kebanggan tersendiri bagi panitia. Selain itu, peningkatan juga terjadi pada cakupan pulaunya karena kali ini peserta UCMC tersebar di 6 pulau besar di Indonesia.
Dimulainya serangkaian acara UCMC 2017 ditandai dengan pembukaan Online Trading Competition selama satu pekan bursa yaitu tanggal 16-20 Oktober 2017.
Berselang dua hari dari penutupan Online Trading, diumumkan 12 Besar Tim yang telah memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh panitia. 12 Tim tersebut sekaligus diundang ke Universitas Negeri Semarang untuk mengikuti serangkaian kompetisi selanjutnya. Mereka adalah :
1.     Pro Syariah (Universitas Gadjah Mada)
2.     Al Fath (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
3.     Mercusuar (Universitas Mercubuana)
4.     Bull’s Squad (Universitas MH. Thamrin)
5.     The Wolf (Universitas Gunadarma)
6.     Anti (Universitas Negeri Malang)
7.     Returns In Motion (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
8.     Gvest (Universitas Gunadarma)
9.     Wolves (Universitas Sebelas Maret)
10.  Buffet Way (Universitas Semarang)
11.  Ciputrass (Universitas Ciputra)
12.  Push&Koro (Universitas Gadjah Mada)










2 November 2017, merupakan hari pertama final Unnes Capital Market Competition 2017. Pada hari tersebut dilaksanakan Grand Opening & Technical Meeting. Rangkaian ini dihadiri oleh Jajaran Birokrat Fakultas Ekonomi, pihak Sponsorship, perwakilan KSPM di Kota Semarang, dan ketua-ketua LK/BSO di lingkungan Fakultas Ekonomi, serta tak lupa Finalis 12 Besar UCMC 2017. Acara Grand Opening berlangsung meriah dengan penampilan memikat dari Hallo Mapping, persembahan panitia, dan hiburan-hiburan lain. UCMC 2017 dibuka secara simbolis dengan pemukulan gong oleh Dekan Fakultas Ekonomi, Bapak Wahyono.
Setelah Grando Opening selesai, dilanjutkan dengan Technical Meeting, yaitu pemaparan mengenai serangkaian lomba yang akan diikuti oleh finalis selama 2 hari kedepan. Pemaparan Technical Meeting disampaikan oleh perwakilan Sie Serangkaian Lomba, yaitu Purnairawan.
















3 November 2017.
Agenda pada hari tersebut adalah serangkaian lomba dan field trip. Sekitar pukul 7.30 peserta sudah memasuki ruangan untuk melaksanakan multiple choice, dilanjutkan dengan babak lucky test. Setelah mengikuti serangkaian lomba pada hari Jum’att, peserta bersama panitia melaksanakan Shalat Jumat, dilanjutkan makan siang. Tak sampai disitu, karena agenda berikutnyaadalah field trip. Berbeda dari tahun lalu, Field Trip tahun ini bukanlah mengelilingi Kampus Konservasi, melainkan berkeliling dan mengujungi beberapa landmark di Kota Semarang.
Sebelum melaksanakan Field Trip, dilaksanakan pelepasan balon ke udara oleh Presiden Mahasiswa Universitas Negeri Semarang, Kak Muhammad Adib yang juga sebagai tanda dimulainya field trip. Dalam mengunjungi tempat wisata di Kota Semarang, peserta menaiki satu bus yang dipandu oleh MC dan beberapa panitia.
Destinasi pertama adalah Klenteng Sam Poo Kong yang mencerminkan kemajukan warga Semarang yang terdiri dari berbagai suku bangsa dan agama namun dapat menjalani hidup dengan rukun dan berdampingan. Di Samp Poo Kong peserta diajak untuk berkeliling, swafoto dan dipandu oleh Denok dan Kenang Kota Semarang yang menjelaskan sejarah mengenai Klenteng Sam Poo Kong.
Tujuan berikutnya adalah Lawang Sewu Semarang. Bangunan yang dimiliki oleh PT. Kereta Api Indonesia ini memang bisa dianggap sebagai ikon Kota Semarang. Masih ditemani oleh Denok dan Kenang serta panitia yang bertugas, peserta diajak berkeliling menikmati bangunan berpintu banyak tersebut.
Setelah itu rombongan beralih tempat ke halaman Tugu Muda Semarang yang tepat berada di seberang Lawang Sewu. Di halaman Tugu Muda, MC membacakan pengumuman 6 Besar peserta yang lolos ke tahap selanjutnya dan berhak ditutup dengan Shalat Ashar bersama dan mengunjungi Toko Oleh-Oleh Khas Semarang, Istana Oleh-Oleh yang terletak tak jauh dari Tugu Muda.













4 November 2017.
Sabtu pagi diadakan Investor Gathering yang diikuti oleh berbagai kalangan baik dari mahasiswa Universitas Negeri Semarang maupun dari kampus tetangga. Investor Gathering kali ini mengusung tem “Asing Hilang Kendali, Domestik Semakin Percaya Diri”. Dipandu oleh moderator Endang Pujiati, materi di sampaikan oleh Saudara Irvanda Rio Chrissaldy dan Saudara M. Junaedi Djuanda. Pada saat yang bersamaan juga dilaksanakan babak Best of The Rest yang diikuti oleh 12 Besar Finalis UCMC 2017. Setelah Besot of The Rest selesai, seluruh finalis memasuki Ruang Aula Fakultas Ekonomi, dan bagi 6 Besar terpilih menyampaikan hasil analisis investasi dari saham yang di tradingkan selama babak Online Trading Competition kemarin. Pada babak ini panitia memercayakan kepada Pak Fanny Rifqi (IDX Semarang), Saudara Fachrul Hernady(Phintraco Semarang), dan Pak Arief Yilianto (Dosen Manajemen Keuangan Manajemen UNNES) sebagai dewan juri. Penampilan presentasi peserta disaksikan langsung oleh seluruh peserta dan tamu undangan Investor Gathering.
Malamnya adalah Gala Dinner&Awarding Night. Terbalut dalam makan malam yang hangat, dan dipandu oleh 4 MC sekaligus, acara tersebut berlangsung ceria. Dibuka dengan persembahan lagu medley dari Diah Ika (Staffpro Dept SIM) diiringi petikan gitar dari Dafi (Magang Dept SIM) dan penampilan akustik dari B-Minor, mengantarkan ke puncak acara yaitu penganugerahan juara.
Hasil juara Unnes Capital Market Competition 2017 adalah sebagai berikut :
Juara 1 : Bull’s Squad (Universitas MH Thamrin)
Juara 2 : Return In Motion (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Juara 3 : Pro Syariah (Universitas Gadjah Mada)
Best Analyst : Al Fath (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Best Trader : Mercusuar (Universitas Mercubuana)
Best of The Rest : Push & Koro (Universitas Gadjah Mada)

Selamat kami ucapakan kepada para pemenang UCMC 2017! Semoga serangkain UCMC ini dapat menjadi media pembelajaran bagi peserta. Terimakasih kami sampaikan kepada seluruh peserta, panitia, dan seluruh elemen yang telah berpartisipasi dalam penyelenggaran Unnes Capital Market Competition 2017.

See you on UCMC 2018!
UCMC, More Than Competition!

Dokumentasi selama UCMC 2017 dapat diunduh di :



No comments:

Pages