Skip to main content

Membawa Juara 1 pada SHARIA CAPITAL MARKET COMPETITION (SCMC)

 

5 Oktober 2020 – UNSSAF yang diwakilkan oleh M Dwi Cahyo yang menjabat sebagai BOC Invesment Departement serta Sekar Pradnya Komala yang menjabat sebagai Manager SIM Departement berhasil memperoleh JUARA 1 dalam Sharia Capital Market Competition 2020 atau yang biasa disebut SCMC 2020. SCMC 2002 ini merupakan perlombaan trading selama 5 hari dan pembuatan paper analisis saham yang diadakan oleh IAI Palangkaranya.

Dalam perlombaan tersebut, 2 wakil UNSSAF ini membagi tugas mengenai plan trading. Mencari info tentang saham-saham yang memiliki fundamental bagus, kemudian mencari tahu apakah ada sentiment baru di tiap emitennya, mencari berita-berita ter update yang bisa bawa pengaruh ke saham yang dipilih untuk trading yang dilakukan selama 5 hari. Kemudian setelah masuk 10 besar kedua wakil UNSSAF ini membagi tugas untuk membuat paper analisis saham sesuai ketentuan dari panitia.

M Dwi Cahyo dan Sekar Pradnya Komala menjelaskan bahwa tidak ada tips yang paling akurat dalam memenangkan lomba ini, kejuaran yang mereka dapatkan ini mereka anggap sebagai sebuah keberuntungan. Buah dari kerjasama tim yang baik dan kemauan yang kuat dari keduanya lah yang bisa membawa mereka menuju kemenangan. Yang terpenting bagi mereka adalah saling support, saling bantu, dan selalu menjaga komunikasi dengan baik. Tidak patah semangat dan selalu percaya bahwa  setiap manusia pasti punya jatah gagal masing-masing, entah harus berapa kali mengikuti lomba baru bisa menang, yang terpenting adalah jangan mudah puas. Serta jangan pernah melupakan omongan-omongan orang yang suka meremehkan dan orang-orang yang mendukung, anggap hal itu sebagai sebuah motivasi.

Terakhir mereka juga berpesan bahwa boleh banget coba-coba lomba, gausah mikir “aku gabisa trading aku gabisa paper, aku gabisa presentasi, ilmu ku kurang,dll” karena selama mindset dari dalam diri sendiri cuma gitu-gitu terus, kita gabakalan maju. Yang ada malah umur semakin berkurang tapi pengalaman yang didapat itu masih nihil. Gapapa kamu belom ada ilmu, gapapa kamu baru banget berkecimpung di dunia pasar modal, semua itu bisa dikalahkan dengan kemauan dari diri sendiri buat maju. Ga masalah meskipun sampe semester akhir di periode UNSSAF (re: smt 5) kamu juga belom menang, setidaknya kamu udah punya bekal dan pengalaman, yang suatu saat bisa bikin kamu menang walaupun kamu udah selesai kepengurusan di UNSSAF. Jangan takut jangan malu, setiap manusia punya jatah gagal masing-masing. Tugasmu sendiri adalah habisin tugas gagal itu satu per satu. Semangat, u can do it!

Comments

Popular posts from this blog

Mendeteksi Bandarmologi dengan Volume Analisis

Banyak kita jumpai atau sering kita dengar bahwa untuk mendeteksi pergerakan smart money, big fund, atau bandar kita harus menganalisis volume. Hal tersebut benar adanya, namun perlu kita ketahui bahwa selain price ( harga saham ) yang dapat dengan dimanipulasi, volume saham pun dapat di manipulasi. Jika kita hanya melihat suatu angka yang tertera pada summary/ rekap pada data transaksi, maka hal tersebut tetaplah masih dapat dikatakan analisis yang bias. Dalam buku berjudul Value in Time karya Pascall WIllain, disebutkan bahwa pergerakan bandar/ big fund/ smart money dapat terdeteksi APABILA kita dapat memisahkan volume aktif dan volume pasif. Penjelasan mengenai kedua jenis volume tersebut tidak dapat saya tulis di blog ini karena akan memakan waktu  panjang untuk pembahasannya, namun secara garis besar pemahaman tersebut adalah benar.

Trading Limit Bukan Margin Trading

Dalam berinvestasi saham, ada istilah yang cukup terkenal yaitu Margin Trading. Secara sederhana Margin Trading dapat diartikan sebagai membeli saham dengan menggunakan dana pinjaman. Misalkan suatu perusahaan efek memberikan fasilitas Margin sebesar 100%, artinya jika nasabah memiliki dana tunai sebesar Rp200 juta, maka nasabah tersebut dapat membeli saham hingga Rp400 juta (Rp200 juta dana tunai nasabah ditambah Rp200 juta dari fasilitas Margin). Fasilitas Margin tersebut relatif populer di kalangan Investor karena dapat meningkatkan daya beli. Namun demikian, sistem Margin Trading ini memiliki resiko yang disebut Margin Call dan Forced Sell. Margin Call adalah pemberitahuan bagi nasabah bahwa terjadi penurunan harga saham sehingga nilai saham yang menjadi jaminan berkurang sementara besarnya fasilitas Margin nilainya tetap. Jika nasabah memperoleh Margin Call, maka nasabah harus menambah (Top Up) dana atau menjual

Pengumuman Staffpro Unssaf 2021

     Selamat kami ucapkan kepada peserta yang telah diterima menjadi Staffpro Unssaf 2021 dan juga selamat bergabung dengan keluarga besar Unssaf 2021. Terima kasih kepada seluruh peserta Open Recruitment (Oprec) Staffpro Unssaf 2021 atas partisipasinya yang luar biasa untuk mengikuti kegiatan ini. Apapun hasilnya, pasti itu adalah yang terbaik dan kalian akan tetap menjadi bagian dari keluarga besar Unssaf. Bagi yang belum berkesempatan manjadi bagian dari Staffpro Unssaf 2021, jangan pernah berkecil hati, karena wahana untuk belajar Pasar Modal sangat luas dan Unssaf sangat terbuka bagi siapapun yang ingin belajar materi tentang Pasar Modal.  Terima kasih dan tetap semangat!   DAFTAR STAFF PROFESSIONAL UNSSAF 2021 No Nama Jurusan 1. Ahmad Faishal Firmansyah Manajemen 2020 2. Akbar Rizky Saputra Manajemen 2019 3. Akhdan Surya Saputra Akuntansi 2020