Skip to main content

MENJAGA PROSPEK CIAMIK, SIMAK UPAYA BBRI UNTUK MENJADI PILIHAN PARA INVESTOR DI TENGAH PANDEMIC

BBRI adalah kode saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, bank dengan profit terbesar di Indonesia. Bank BRI berfokus dikredit usaha mikro, kecil, dan menengah dengan memberikan pinjaman modal kepada usaha tersebut. Usia BRI yang sudah melebihi satu abad sehingga memiliki pengalaman panjang dan kemampuan manajemen kredit UMKM yang sangat mumpuni dan sulit dilawan kompetitor. Dalam waktu kurang dari 5 tahun, BBRI menjadi sangat dominan menjadi pilihan untuk berbagai keperluan konsumen.

Kondisi pandemi Covid-19 memberikan efek terpuruknya harga saham BBRI di masa awal-awal  pandemic bergejolak. Ini dikarenakan adanya kebijakan social distancing yang dikeluarkan oleh pemerintah. Keadaan ini mengakibatkan kondisi perekonomian Indonesia menjadi lesu, salah satunya adalah UMKM Indonesia.

BRI telah melakukan berbagai upaya demi meningkatkan dan mempertahankan sebagai bank yang mempunyai  kinerja ciamik . BRI tengah menyiapkan sebuah aksi korporasi yang berkaitan dengan pengembangan bisnis UMKM, terutama di sektor ultra mikro. BBRI bekerja sama dengan PT Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani dengan tujuan mendorong UMKM agar bisa menggerakan roda perekonomian Indonesia. 

Rencana pengembangan BRI ke depan akan berfokus pada pembiayaan segmen ultra mikro. Dengan  ini, maka BRI mengincar porsi pembiayaan UMKM bisa naik ke tingkat 85% dari porsi sebelumnya yang hanya berada di tingkat 80,65%.

    Dilihat dari chart weekly saham BBRI membentuk pola cup and handle. Dimana pola ini memberikan sinyal positif untuk trend Bullish.  Kita bisa menentukan target price dengan melihat kedalaman dari cup tersebut. Dan jangan lupa untuk memasang stop loss di area support yaitu 3,750 untuk meminimalkan kerugian jika pergerakan harga saham turun. 

        Bisa dilihat dalam tebel di atas bahwa terjadi pertumbuhan dari pendapatan BRI pada Kuartal I 2020. Namun, pada kuartal selanjutnya yaitu Kuartal II mengalami penurunan pendapatan dikarenakan adanya pandemi global. Dengan adanya kebijakan koorporasi, jumlah pendapatan BRI pada Kuartal III 2020 dapat meningkat. Dengan demikian, dapat diprediksi bahwa pada Kuartal IV 2020 dan seterusnya pendapatan BRI akan meningkat. Kondisi ini dapat membuat para investor tertarik untuk menanamkan modalnya. 




Comments

Popular posts from this blog

Mendeteksi Bandarmologi dengan Volume Analisis

Banyak kita jumpai atau sering kita dengar bahwa untuk mendeteksi pergerakan smart money, big fund, atau bandar kita harus menganalisis volume. Hal tersebut benar adanya, namun perlu kita ketahui bahwa selain price ( harga saham ) yang dapat dengan dimanipulasi, volume saham pun dapat di manipulasi. Jika kita hanya melihat suatu angka yang tertera pada summary/ rekap pada data transaksi, maka hal tersebut tetaplah masih dapat dikatakan analisis yang bias. Dalam buku berjudul Value in Time karya Pascall WIllain, disebutkan bahwa pergerakan bandar/ big fund/ smart money dapat terdeteksi APABILA kita dapat memisahkan volume aktif dan volume pasif. Penjelasan mengenai kedua jenis volume tersebut tidak dapat saya tulis di blog ini karena akan memakan waktu  panjang untuk pembahasannya, namun secara garis besar pemahaman tersebut adalah benar.

Trading Limit Bukan Margin Trading

Dalam berinvestasi saham, ada istilah yang cukup terkenal yaitu Margin Trading. Secara sederhana Margin Trading dapat diartikan sebagai membeli saham dengan menggunakan dana pinjaman. Misalkan suatu perusahaan efek memberikan fasilitas Margin sebesar 100%, artinya jika nasabah memiliki dana tunai sebesar Rp200 juta, maka nasabah tersebut dapat membeli saham hingga Rp400 juta (Rp200 juta dana tunai nasabah ditambah Rp200 juta dari fasilitas Margin). Fasilitas Margin tersebut relatif populer di kalangan Investor karena dapat meningkatkan daya beli. Namun demikian, sistem Margin Trading ini memiliki resiko yang disebut Margin Call dan Forced Sell. Margin Call adalah pemberitahuan bagi nasabah bahwa terjadi penurunan harga saham sehingga nilai saham yang menjadi jaminan berkurang sementara besarnya fasilitas Margin nilainya tetap. Jika nasabah memperoleh Margin Call, maka nasabah harus menambah (Top Up) dana atau menjual

Pengumuman Staffpro Unssaf 2021

     Selamat kami ucapkan kepada peserta yang telah diterima menjadi Staffpro Unssaf 2021 dan juga selamat bergabung dengan keluarga besar Unssaf 2021. Terima kasih kepada seluruh peserta Open Recruitment (Oprec) Staffpro Unssaf 2021 atas partisipasinya yang luar biasa untuk mengikuti kegiatan ini. Apapun hasilnya, pasti itu adalah yang terbaik dan kalian akan tetap menjadi bagian dari keluarga besar Unssaf. Bagi yang belum berkesempatan manjadi bagian dari Staffpro Unssaf 2021, jangan pernah berkecil hati, karena wahana untuk belajar Pasar Modal sangat luas dan Unssaf sangat terbuka bagi siapapun yang ingin belajar materi tentang Pasar Modal.  Terima kasih dan tetap semangat!   DAFTAR STAFF PROFESSIONAL UNSSAF 2021 No Nama Jurusan 1. Ahmad Faishal Firmansyah Manajemen 2020 2. Akbar Rizky Saputra Manajemen 2019 3. Akhdan Surya Saputra Akuntansi 2020