Indeks sektoral IDX Technology memberikan daya tarik yang cukup besar. Sejak awal tahun 2021, Indeks IDX Technology mengalami peningkatan tajam. Emiten teknologi mengalami kinerja yang memukau ditengah pandemi Covid-19. Bahkan ketika sektor lain dan IHSG mengalami keterpurukan, IDX Technology tetap eksis dengan nilai presentase yang melecit. Per 18 Juni 2021 telah terjadi kenaikan sebanyak 973% sejak awal tahun 2021.

Sumber : Index Fact Sheet IDX Sektor Teknologi Januari 2021

Pandemi Covid-19 mengharuskan kita untuk terus bertahan dengan segala keterbatasan yang harus dilakukan. Beberapa kebijakan seperti WFH (work from home) dan PJJ (pembelajaran jarak jauh) mengharuskan kita untuk siap dalam mengaplikasikan teknologi demi menunjang pekerjaan dan capaian. Dengan teknologi yang terus berkembang, banyak masyarkat yang memanfaatkannya untuk mempermudah aktifitas yang tidak bisa dilakukan. Hal ini menopang pendapatan emiten IDX Technology.

Seperti yang kita ketahui, pada era digitalisasi teknologi terus berkembang. Selalu ada inovasi terbaru untuk dapat memudahkan kita dalam melakukan berbagai hal. Hal ini menuntut masyarakat untuk terus mengikuti perkembangan teknologi agar tidak tertinggal oleh peradaban.

Banyak sentimen positif yang mendorong peningkatan IDX Technology. Banyaknya perusahaan unicorn teknologi yang melantai di Bursa seperti BukaLapak, Tiket.com, dan GoTo. Merger antara Gojek dan Tokopedia juga turut menjadi stimulus. Selain itu, saham yang fokus usahanya diluar sektor teknologi tetapi masih berkaitan dengan sektor teknologi juga mengalami kenaikan. Banyak investor raksasa Indonesia yang turut ambil bagian pada meroketnya saham teknologi. Luar biasa!

Bursa Amerika ditunjang oleh saham pada sektor teknologi. Bursa saham Amerika Serikat melambung ke level tertinggi, ditopang oleh sektor teknologi di tengah antisipasi bahwa akan ada lebih banyak pengeluaran fiskal untuk mendorong kembali pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan pendapatan perusahaan. Hal ini memungkinkan bahwa saham sektor teknologi dapat menunjang Bursa Indonesia.  Banyak start up yang bergerak pada sektor teknologi mengindikasikan bahwa teknologi Indonesia berkembang dengan pesat. Tidak menutup kemungkinan akan banyak perusahaan unicorn pada sektor teknologi yang akan melantai di Bursa Indonesia.

Beberapa emiten teknologi telah memiliki peningkatan pesat dan sungguh menggiurkan para investor. Hal ini memberikan peluang bagi emiten teknologi lain untuk memiliki kesempatan melonjak tinggi. Melihat faktor peluang, sentimen positif, dan minat investor dapat menjadikan  kesempatan bagi emiten teknologi.

Kita sebagai investor atau trader harus pandai dalam menganalisa dan meramalkan apa yang akan terjadi kepada suatu emiten. Harga yang meningkat tidak menjanjikan bahwa kinerja emiten juga ikut meningkat. Memahami perusahaan dari segi fundamental dan teknikal sangat penting untuk meraup hasil yang diinginkan. Investor yang hanya menginginkan keuntungn tanpa berbekal ilmu tidak akan selamanya memperoleh hasil yang diinginkan.

Sumber : Tradingview.com emiten DMMX 

Sumber : Tradingview.com emiten MCAS

Gambar diatas adalah beberapa emiten teknologi yang telah naik berkali-kali lipat. Meskipun terlihat bahwa harga saham tersebut telah naik tinggi tapi kita harus tetap waspada karna sewaktu-waktu harga bisa turun kembali. Sebaiknya kita terus memantau dan menganalisa perkembangan pasar sebelum kita berinvestasi. Lihat prospek kedepannya dan data history emiten untuk meyakinkan kita bahwa emiten tersebut layak dan akan terus berkembang. Kita juga harus dapat menentukan waktu yang tepat untuk masuk dan keluar.


No comments: