Skip to main content

Prestasi


Unssaf Menyabet Juara 1 Trading Competition di Sampoerna Univeristy



Semarang - Pekan lalu satu delegasi dari KSPM Unssaf Fakultas Ekonomi UNNES mengikuti Profesional Sampoerna University Stock Competition yang diselenggarakan oleh Universitas Sampoerna Jakarta membawa pulang satu medali emas.


Professional Sampoerna University Stock Competition (PROSPECT) 2018 merupakan serangkaian kompetisi pasar modal tingkat nasional yang diadakan oleh Sampoerna University, kompetisi ini bersifat individu yang mana terdiri dari beberapa babak, babak pertama yakni online trading competition yang dilaksanakan selama 4minggu, dimulai dari tanggal 2 Juli 2018 hingga berakhir pada 30 Juli 2018. Pada babak ini terpilih 10 finalist dengan gain tertinggi untuk mengikuti tahapan final di Universitas Sampoerna Jakarta.

Pada babak Online Trading Competition ini delegasi dari Universitas Negeri Semarang yakni Ratna Purnasari berada pada peringkat 3, yang selanjutnya di undang untuk dapat menghadiri serangkaian final di Universitas Sampoerna pada tanggal 8 September 2018 dan Seminar serta Winner Announcement pada tanggal 9 September 2018 di Bursa Efek Indonesia.

Adapaun penilaian pada babak final adalah 70% dari nilai Online Trading Competition, 15% nilai Paper analisis saham, dan 15% presentasi.

Setelah melewati babak final ini, Ratna Purnasari yang merupakan delegasi dari Universitas Negeri Semarang berhasil menjadi Juara 1 pada Professional Sampoerna University Stock Competition (PROSPECT) 2018, yang disusul oleh Benedictus Cuncung dari Universitas Bunda Mulia sebagai juara 2, dan Muhammad Anshari dari Universitas Widyatama Sebagai juara 3.

Semoga kedepannya teman-teman Unssaf lainnya semakin semangat dan dapat berprestasi juga di kompetisi selanjutnya.


---------------------------------------------------------------------------------

Juara 3 Extraordinary Capital Market Competition 2018 di UMY


Semarang – Satu tim perwakilan dari Univeristas Negeri Semarang yang tergabung dalam BSO Unnes Stock Exchange Study Forum (UNSSAF) fakultas ekonomi berhasil meraih piala pada lomba Extraordinary Capital Market Competition (Explotion 2018) pada Kamis, 15 Maret 2018. Explotion 2018 merupakan serangkaian lomba pasar modal yang diadakan oleh kelompok studi pasar modal Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. 

Serangkaian lomba tersebut meliputi online trading competition yang dilaksanakan pada tanggal 26 Februari - 02 Maret 2018, pada tahap online trading ini tim Snowhite salah satu perwakilan dari UNNES yang beranggotakan Ratna Purnasari (Akuntansi 2016) dan Lutviana Nur Hakiki (Akuntansi 2015) berhasil lolos menjadi finalis 10 besar. Selanjutnya, para finalis diharuskan untuk mengirimkan paper analisis saham yang ditransaksikan selama babak online trading sebagai syarat mengikuti tahap final di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada tanggal 14 - 15 Maret 2018. 

Pada tahap final, 10 finalis yang berasal dari PTN dan PTS se-Indonesia diharuskan untuk mempresentasikan hasil analisis saham yang telah dikirim sebelumnya. Kemudian dilanjutkan dengan mengikuti online trading menggunakan akun real yang dimiliki masing-masing tim. Setelah melalui seluruh tahapan, juri mengumumkan nama-nama pemenang dalam kompetisi ini. Perwakilan UNNES meraih juara 3, juara 2 yaitu tim dari UGM, juara 1 diraih tim dari UMY dan nominasi best trader diraih oleh tim dari IPB.


Penulis Muhammad Abdullah Rozan (Manajemen 2016)



--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Unssaf Mengawali Tahun 2018 dengan Prestasi


Semarang - Tiga team dari UNNES Stock Exchange Study Forum (UNSSAF) Fakultas Ekonomi berangkat ke Jogja untuk berkompetisi di Kompetisi Pengengtahuan Pasar Modal yang dilaksanakan oleh KSPM Atmajaya selama 4 hari. Tiga Team yang berangkat yaitu:
  • Anhar Fadli (Direktur Unssaf 2017) dan Ratna Purnasari (Manajer Invest 2018)
  • Mohammad Mahendrayana (Direktur Unssaf 2018) dan Chelly Aprilia W. (Manajer Edukasi 2018)
  • Vivi Ayuningtyas (Staff Pro Edukasi 2017) dan Atik Ul M. (Staff Pro SIM 2017)

Pada tahap yang dilaksanakan di Universitas Atmajaya para finalis 15 besar harus mengikuti tes tulis dan lomba cerdas cermat untuk menentukan 8 besar yang melaju ke babak final. Untuk finalis 8 besar yang lolos babak final akan mempresentasikan paper dari saham yang telah dianalisis pada tahap seleksi paper, kemudian mengikuti debat tentang isu-isu terkini ekonomi dan pasar modal. Dua tim dari Universitas Negeri Semarang menyabet 2 piala dalam gelaran ini.
  • Vivi Ayuningtyas dan Atik Ul M. (Team Ava Direction) - Juara 3

  • Mohammad Mahendrayana dan Chelly Aprilia W. (Team Sidone Melu) - Juara 2

Tahun 2018 belum berakhir, semoga ini menjadi awal dari segala prestasi yang akan kita raih tahun ini dan jangan pernah berhenti berkarya. 
UNSSAF! POLPOLKE! #Unssaf7uara

Comments

Popular posts from this blog

Selamat Bergabung Unssaf 2020!

Terimakasih kami ucapkan kepada seluruh peserta Open Recruitment (Oprec) Staff Professional Unssaf 2020 atas partisipasi yang begitu luar biasa untuk mengikuti kegiatan tersebut. Apapun hasilnya kalian tetap menjadi keluarga besar dari Unssaf. Bagi yang belum berkesempatan menjadi Staff Professional Unssaf tahun 2020, jangan berkecil hati, karena wahana untuk belajar Pasar Modal sangat luas dan Unssaf sangat terbuka bagi siapapun yang ingin belajar materi tentang Pasar Modal.
Tak lupa kami ucapkan selamat kepada peserta yang telah lolos seleksi! Berikut adalah daftar Staff Professioinal UNSSAF 2020 :

NoNama Jurusan 1M. Rizaludin HasanManajemen 20182Abdul Chotib NasihManajemen 20183Adi Sora Maskus Ginting Manajemen 20194Akbar Rizky Saputra Manajemen 20195Almarshanda Dienta Endriyanti Manajemen IUP 20196Amelia Inka LitaAkuntansi 20187Ananda Deka Cahya HadiwijayaPendidikan Ekonomi Koperasi 20188Andika Wisnu WidodoManajemen 20199Aninda Sastianita YusufAkuntansi 201910AstriyahAkunt…

Mendeteksi Bandarmologi dengan Volume Analisis

Banyak kita jumpai atau sering kita dengar bahwa untuk mendeteksi pergerakan smart money, big fund, atau bandar kita harus menganalisis volume. Hal tersebut benar adanya, namun perlu kita ketahui bahwa selain price ( harga saham ) yang dapat dengan dimanipulasi, volume saham pun dapat di manipulasi. Jika kita hanya melihat suatu angka yang tertera pada summary/ rekap pada data transaksi, maka hal tersebut tetaplah masih dapat dikatakan analisis yang bias.





Dalam buku berjudul Value in Time karya Pascall WIllain, disebutkan bahwa pergerakan bandar/ big fund/ smart money dapat terdeteksi APABILA kita dapat memisahkan volume aktif dan volume pasif. Penjelasan mengenai kedua jenis volume tersebut tidak dapat saya tulis di blog ini karena akan memakan waktu  panjang untuk pembahasannya, namun secara garis besar pemahaman tersebut adalah benar.