Thursday, 6 March 2014

Sheryl Sandberg Jadi Miliarder Berkat Facebook

Sheryl Sandberg. (Foto: Reuters)


Facebook tak hanya membuat Mark Zuckerberg menjadi seorang miliarder. Banyak pihak lain yang ikut mendadak kaya, salah satunya Sheryl Sandberg.

Wanita berusia 44 tahun ini mengantongi kekayaan sebesar USD1,05 miliar. Dia pun menempati peringkat 1.540 di daftar orang terkaya yang dirilis Forbes.

Dalam bukunya, Sandberg menceritakan dengan rinci negoisasinya dengan CEO Facebook Mark Zuckerberg untuk menjadi chief operating officer (COO). "Saya bisa bermain dengan keras," tulisnya berkaitan dengan tawaran Zuckerberg tersebut.

Lebih dari setengah dekade, setelah menerima pertunjukan COO, Sandberg pasti bersyukur dia akhirnya menerima tawaran tersebut. Sekarang, dia menjadi salah satu wanita termuda yang berhasil mengumpulkan kekayaannya sendiri.

Dengan harga saham Facebook yang naik lebih dari 130 persen dalam 12 bulan terakhir, nama ibu dua anak ini pun langsung masuk dalam daftar miliarder. Terutama karena dia memiliki 12 juta saham di perusahaan jejaring sosial tersebut. Tahun ini adalah pertama kalinya dia menyandang sebagai orang terkaya.

Sebelum menjadi COO di Facebook, Sandberg adalah seorang eksekutif muda di Google. Pada tahun 2007, dia dirayu Zuckerberg untuk mengembangkan Facebook.

Gayung bersambut, lalu dia menjadi salah satu tangan kanan Zuckerberg. Berkat Sanberg, pendapatan perusahaan ini pun berhasil naik secara konstan.



0 komentar: