Skip to main content

Unnes Capital Market Competition, Kompetisi dalam Harmoni

Sabtu, 10 Oktober 2015. Unssaf salah satu Badan Semi Otonom Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang telah berhasil mengadakan serangkaian acara Kompetisi Pasar Modal Tingkat Nasional yang dikuti oleh 40 universitas di seluruh Indonesia. Acara terbagi dalam beberapa babak dalam satu rangkaian kegiatan diikuti oleh semua peserta.
Babak yang pertama merupakan babak online trading competition yang dimulai tanggal 21-25 September 2015 , dimana pada babak ini seluruh peserta diwajibkan untuk melakukan simulasi jual-beli saham dalam jangka pendek menggunakan sistem yang telah disediakan panitia, yakni menggunakan sistem online trading PT. Phintraco Securitas. Pada babak ini, dasar penilaiannya adalah cash balance yang berhasil dihasilkan peserta selama proses trading. Babak online trading competition menghasilkan 20 besar finalis yang wajib mengikuti serangkaian acara babak final yang dilaksanakan di Universitas Negeri Semarang.
Babak final dilaksanakan pada 9-10 Oktober 2015 yang diikuti oleh 20 besar peserta dengan cash balance tertinggi pada babak online trading competition. Babak final terdiri dari beberapa babak, yaitu:
·         Tanggal 9 oktober 2015 :
1.      Babak Check Point
2.      Babak running question
Kedua babak ini merupakan babak yang diikuti oleh 20 besar peserta yang isinya adalah pengerjaan soal-soal yang berkaitan dengan teori-teori pasar modal untuk kemudian hasilnya diakumulasikan dan digunakan sebagai dasar pemiihan 8 besar peserta untuk mengikuti babak selanjutnya.
Selain kedua babak tersebut, pada tanggal 9 oktober 2015 seluruh peserta ikut dalam Conservation Campus Tour yang merupakan kegiatan pengenalan kampus Unnes sebagai Universitas Konservasi kepada peserta UCMC dengan puncaknya pengu
muman 8 besar dan penebaran bibit lele di embung.
·         Tanggal 10 oktober 2015:
1.      Study Case
2.      Beauty Contest
3.      Best of the rest
Peserta yang masuk 8 besar pada hari ini melakukan presentasi hasil analisis kasus yang diberikan pada hari sebelumnya untuk kemudian dipilih 3 besar terbaik yang akan mengikuti babak Beauty Contest. Sedangkan 17 tim yang tidak berhasil lolos mengikuti babak Best of The Rest untuk diambil 1 tim dengan nilai terbaik dan mendapat predikat Best of The Rest.
Puncak acara UCMC ada pada malam hari tanggal 10 Oktober 2015, dimana semua peserta mengikuti coffe break yang telah disiapkan panitia di Vintage Caffe. Hasil dari 2 hari perlombaan diumumkan tepat pada pukul 10.00 wib dengan rincian hasil sebagai berikut:
·         Juara 1 diraih oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
·         Juara 2 diraih oleh Universitas Padjajaran Bandung
·         Juara 3 diraih oleh Universitas Diponegoro
·         Best of The Rest diraih oleh Prasetya Mulya School of Bussines and Management.

Dalam event kali ini, peserta tidak hanya berkompetisi, namun juga merangkai harmoni antar tim dari Universita lain. Dengan diadakannya Awarding Night, rangkaian Unnes Capital Market Competition 2015 resmi ditutup. Semoga melalui agenda ini menjadi ajang berkompetisi sekaligus ajang pengenalan Unnes sebagai kampus konservasi ke khalayak umum.








Popular posts from this blog

Trading Limit Bukan Margin Trading

Dalam berinvestasi saham, ada istilah yang cukup terkenal yaitu Margin Trading. Secara sederhana Margin Trading dapat diartikan sebagai membeli saham dengan menggunakan dana pinjaman. Misalkan suatu perusahaan efek memberikan fasilitas Margin sebesar 100%, artinya jika nasabah memiliki dana tunai sebesar Rp200 juta, maka nasabah tersebut dapat membeli saham hingga Rp400 juta (Rp200 juta dana tunai nasabah ditambah Rp200 juta dari fasilitas Margin). Fasilitas Margin tersebut relatif populer di kalangan Investor karena dapat meningkatkan daya beli. Namun demikian, sistem Margin Trading ini memiliki resiko yang disebut Margin Call dan Forced Sell. Margin Call adalah pemberitahuan bagi nasabah bahwa terjadi penurunan harga saham sehingga nilai saham yang menjadi jaminan berkurang sementara besarnya fasilitas Margin nilainya tetap. Jika nasabah memperoleh Margin Call, maka nasabah harus menambah (Top Up) dana atau menjual

Mendeteksi Bandarmologi dengan Volume Analisis

Banyak kita jumpai atau sering kita dengar bahwa untuk mendeteksi pergerakan smart money, big fund, atau bandar kita harus menganalisis volume. Hal tersebut benar adanya, namun perlu kita ketahui bahwa selain price ( harga saham ) yang dapat dengan dimanipulasi, volume saham pun dapat di manipulasi. Jika kita hanya melihat suatu angka yang tertera pada summary/ rekap pada data transaksi, maka hal tersebut tetaplah masih dapat dikatakan analisis yang bias. Dalam buku berjudul Value in Time karya Pascall WIllain, disebutkan bahwa pergerakan bandar/ big fund/ smart money dapat terdeteksi APABILA kita dapat memisahkan volume aktif dan volume pasif. Penjelasan mengenai kedua jenis volume tersebut tidak dapat saya tulis di blog ini karena akan memakan waktu  panjang untuk pembahasannya, namun secara garis besar pemahaman tersebut adalah benar.

Desa Wisata Kandri Sadar Investasi

          Desa Kandri terletak di kecamatan Gunung Pati, berada di ujung barat kota Semarang. Jika diakses menggunakan kendaraan pribadi kurang lebih 30-45 menit dari pusat Kota Semarang. Desa Wisata Kandri juga memiliki obyek wisata yang sering dikunjungi oleh beberapa wisatawan lokal, yaitu ada Goa Kreo dan juga Waduk Jatibarang serta berbagai piilihan wisata dengan slogan “Kandri WAE (Wisata Adventure Edukasi)” dimana terdapat berbagai paket wisata jelajah desa, pelatihan pembuatan kuliner olahan khas desa, seni dan budaya.