Sunday, 6 November 2016

UCMC 2016 More Than Competition


Unnes Capital Market Competition telah kembali dihelat oleh Kspm Unssaf. Di tahun 2016 ini, merupakan kali kedua UCMC berhasil mencapai tingkat nasional. UCMC 2016 mengusung tema The Hidden Power Of Indonesia, dan tagline More Than Competition. Dari tema dan tagline tersebut menggambarkan bahwa UCMC 2016 mencoba menampilkan kekuatan tersembunyi dari Indonesia yaitu sumber daya manusia di bidang ekonomi dan pasar modal, melalui kompetisi yang menyuguhkan atmosfer lomba yang berbeda dari lomba kebanyakan.
                UCMC 2016 telah diikuti oleh 166 peserta dari 48 universitas yang tersebar di 5 pulau di Indonesia. Pendaftaran dimulai sejak tanggal 22 Agustus – 5 Oktober 2016. Dilanjutkan tahap pertama yaitu sesi Online Trading yang dilaksanakan selama 5 hari, yaitu tanggal 10 – 14 Oktober 2016. Dari babak Online Trading, terpilih 25 besar finalis UCMC 2016 yang lolos ke tahap selanjutnya yaitu Gala Show & Show Case yang dilaksanakan di Universitas Negeri Semarang.
                Grand Opening & Technical Meeting UCMC 2016 dilaksanakan tanggal 27 Oktober 2016 di Aula Dekanat FMIPA Unnes. Dengan drama dan tari pembuka yang bertema mistis, serta pembukaan yang secara simbolis dilakukan dengan pemukulan gong, membuat Grand Opening UCMC 2016 kental sekali akan nuansa budaya.
       
           Esoknya, tanggal 28 Oktober 2016 dilaksanakan babak Gala Show dan Field Trip. Babak Gala Show dibagi menjadi 2 bagian, yaitu Tes Tertulis dan Balloons Test. Tes tertulis diikuti oleh 25 besar finalis UCMC 2016 untuk menentukan 12 peserta dengan skor tertinggi dan berhak mengikuti Balloons Test. Selepas Shalat Jum’at, dilaksanakan kegiatan selanjutnya yaitu Field Trip : Conservation Campus Tour, dimana peserta diajak berkeliling Kampus Unnes Sekaran menggunakan sepeda. Salah satu tujuannya adalah untuk mengenalkan wawasan konservasi yang dijunjung tinggi oleh Universitas Negeri Semarang kepada peserta yang berasal dari berbagai universitas. Ketika Field Trip, rombongan mengunjungi beberapa  titik di Kampus Unnes, diantaranya; mengikuti Batik Class di Jurusan PKK Fakultas Teknik, mengunjungi Pameran Wayang ‘Ki Enthus’ di Laboratorium Budaya, dan kembali ke titik akhir di Galeri Investasi Fakultas Ekonomi. Diakhir field trip juga diumumkan 6 besar peserta yang lolos ke babak Challanging Debate dan Beauty Contest.

Hari ke 3, tanggal 29 Oktober 2016 adalah pelaksanaan Challanging Debate, Best Of The Rest, dan Beauty Contest. Challenging Debat diikuti oleh 6 besar peserta dengan mosi “Dewan ini percaya bahwa penyerapan dana repatriasi oleh pemerintah ke perbankan akan memberikan return minimal dibandingkan ke pasar modal secara langsung.“. Setelah debat selesai, agenda selanjutnya adalah Best Of The Rest yang diikuti oleh seluruh peserta. Pada kompetisi lain, gelar Best Of The Rest disebut sebagai Juara Harapan, dimana peserta yang tidak berkesempatan mendapat Juara 1, 2, dan 3, akan diberi kesempatan lagi untuk memeperebutkan gelar Best Of The Rest. Agenda lomba yang terakhir adalah Beauty Contest. Pada Beauty Contest, 6 besar finalis UCMC 2016 mempresentasikan hasil investment analysis yang sudah dikumpulkan sebelumnya kepada panitia.
                UCMC 2016 ditutup dengan Gala Dinner & Awarding Night. Makan malam bersama 25 peserta, panitia, dan tamu undangan dilaksanakan di Warung Steak Sederhana, dan menghadirkan band akustik sebagai hiburannya. Nuansa vintage dan hangat sangat dirasakan di Gala Dinner, banyak peserta merasa terkejut dengan kemeriahan dan kemewahan Gala Dinner & Awarding Night. Setelah melewati serangkaian lomba, lalu diumumkanlah peringkat UCMC 2016 sebagai berikut:
Juara 1 : Arief Budiman (Universitas MH Thamrin)
Juara 2 : Willy Zaher (Universitas Indonesia)
Juara 3 : Jefferson (Universitas Pertra Surabaya)
Best Of The Rest : Arton Sena (Universitas Diponegoro)
Acara berakhir dengan nyanyian bersama dan jabat tangan peserta dengan panitia.







#Unssaf #New5pirit #More Than Competition #UCMC 2016

0 komentar: