Skip to main content

UCMC 2016 More Than Competition


Unnes Capital Market Competition telah kembali dihelat oleh Kspm Unssaf. Di tahun 2016 ini, merupakan kali kedua UCMC berhasil mencapai tingkat nasional. UCMC 2016 mengusung tema The Hidden Power Of Indonesia, dan tagline More Than Competition. Dari tema dan tagline tersebut menggambarkan bahwa UCMC 2016 mencoba menampilkan kekuatan tersembunyi dari Indonesia yaitu sumber daya manusia di bidang ekonomi dan pasar modal, melalui kompetisi yang menyuguhkan atmosfer lomba yang berbeda dari lomba kebanyakan.
                UCMC 2016 telah diikuti oleh 166 peserta dari 48 universitas yang tersebar di 5 pulau di Indonesia. Pendaftaran dimulai sejak tanggal 22 Agustus – 5 Oktober 2016. Dilanjutkan tahap pertama yaitu sesi Online Trading yang dilaksanakan selama 5 hari, yaitu tanggal 10 – 14 Oktober 2016. Dari babak Online Trading, terpilih 25 besar finalis UCMC 2016 yang lolos ke tahap selanjutnya yaitu Gala Show & Show Case yang dilaksanakan di Universitas Negeri Semarang.
                Grand Opening & Technical Meeting UCMC 2016 dilaksanakan tanggal 27 Oktober 2016 di Aula Dekanat FMIPA Unnes. Dengan drama dan tari pembuka yang bertema mistis, serta pembukaan yang secara simbolis dilakukan dengan pemukulan gong, membuat Grand Opening UCMC 2016 kental sekali akan nuansa budaya.
       
         
Esoknya, tanggal 28 Oktober 2016 dilaksanakan babak Gala Show dan Field Trip. Babak Gala Show dibagi menjadi 2 bagian, yaitu Tes Tertulis dan Balloons Test. Tes tertulis diikuti oleh 25 besar finalis UCMC 2016 untuk menentukan 12 peserta dengan skor tertinggi dan berhak mengikuti Balloons Test. Selepas Shalat Jum’at, dilaksanakan kegiatan selanjutnya yaitu Field Trip : Conservation Campus Tour, dimana peserta diajak berkeliling Kampus Unnes Sekaran menggunakan sepeda. Salah satu tujuannya adalah untuk mengenalkan wawasan konservasi yang dijunjung tinggi oleh Universitas Negeri Semarang kepada peserta yang berasal dari berbagai universitas. Ketika Field Trip, rombongan mengunjungi beberapa  titik di Kampus Unnes, diantaranya; mengikuti Batik Class di Jurusan PKK Fakultas Teknik, mengunjungi Pameran Wayang ‘Ki Enthus’ di Laboratorium Budaya, dan kembali ke titik akhir di Galeri Investasi Fakultas Ekonomi. Diakhir field trip juga diumumkan 6 besar peserta yang lolos ke babak Challanging Debate dan Beauty Contest.

Hari ke 3, tanggal 29 Oktober 2016 adalah pelaksanaan Challanging Debate, Best Of The Rest, dan Beauty Contest. Challenging Debat diikuti oleh 6 besar peserta dengan mosi “Dewan ini percaya bahwa penyerapan dana repatriasi oleh pemerintah ke perbankan akan memberikan return minimal dibandingkan ke pasar modal secara langsung.“. Setelah debat selesai, agenda selanjutnya adalah Best Of The Rest yang diikuti oleh seluruh peserta. Pada kompetisi lain, gelar Best Of The Rest disebut sebagai Juara Harapan, dimana peserta yang tidak berkesempatan mendapat Juara 1, 2, dan 3, akan diberi kesempatan lagi untuk memeperebutkan gelar Best Of The Rest. Agenda lomba yang terakhir adalah Beauty Contest. Pada Beauty Contest, 6 besar finalis UCMC 2016 mempresentasikan hasil investment analysis yang sudah dikumpulkan sebelumnya kepada panitia.
                UCMC 2016 ditutup dengan Gala Dinner & Awarding Night. Makan malam bersama 25 peserta, panitia, dan tamu undangan dilaksanakan di Warung Steak Sederhana, dan menghadirkan band akustik sebagai hiburannya. Nuansa vintage dan hangat sangat dirasakan di Gala Dinner, banyak peserta merasa terkejut dengan kemeriahan dan kemewahan Gala Dinner & Awarding Night. Setelah melewati serangkaian lomba, lalu diumumkanlah peringkat UCMC 2016 sebagai berikut:
Juara 1 : Arief Budiman (Universitas MH Thamrin)
Juara 2 : Willy Zaher (Universitas Indonesia)
Juara 3 : Jefferson (Universitas Pertra Surabaya)
Best Of The Rest : Arton Sena (Universitas Diponegoro)
Acara berakhir dengan nyanyian bersama dan jabat tangan peserta dengan panitia.







#Unssaf #New5pirit #More Than Competition #UCMC 2016

Comments

Popular posts from this blog

Selamat Bergabung Unssaf 2020!

Terimakasih kami ucapkan kepada seluruh peserta Open Recruitment (Oprec) Staff Professional Unssaf 2020 atas partisipasi yang begitu luar biasa untuk mengikuti kegiatan tersebut. Apapun hasilnya kalian tetap menjadi keluarga besar dari Unssaf. Bagi yang belum berkesempatan menjadi Staff Professional Unssaf tahun 2020, jangan berkecil hati, karena wahana untuk belajar Pasar Modal sangat luas dan Unssaf sangat terbuka bagi siapapun yang ingin belajar materi tentang Pasar Modal.
Tak lupa kami ucapkan selamat kepada peserta yang telah lolos seleksi! Berikut adalah daftar Staff Professioinal UNSSAF 2020 :

NoNama Jurusan 1M. Rizaludin HasanManajemen 20182Abdul Chotib NasihManajemen 20183Adi Sora Maskus Ginting Manajemen 20194Akbar Rizky Saputra Manajemen 20195Almarshanda Dienta Endriyanti Manajemen IUP 20196Amelia Inka LitaAkuntansi 20187Ananda Deka Cahya HadiwijayaPendidikan Ekonomi Koperasi 20188Andika Wisnu WidodoManajemen 20199Aninda Sastianita YusufAkuntansi 201910AstriyahAkunt…

Mendeteksi Bandarmologi dengan Volume Analisis

Banyak kita jumpai atau sering kita dengar bahwa untuk mendeteksi pergerakan smart money, big fund, atau bandar kita harus menganalisis volume. Hal tersebut benar adanya, namun perlu kita ketahui bahwa selain price ( harga saham ) yang dapat dengan dimanipulasi, volume saham pun dapat di manipulasi. Jika kita hanya melihat suatu angka yang tertera pada summary/ rekap pada data transaksi, maka hal tersebut tetaplah masih dapat dikatakan analisis yang bias.





Dalam buku berjudul Value in Time karya Pascall WIllain, disebutkan bahwa pergerakan bandar/ big fund/ smart money dapat terdeteksi APABILA kita dapat memisahkan volume aktif dan volume pasif. Penjelasan mengenai kedua jenis volume tersebut tidak dapat saya tulis di blog ini karena akan memakan waktu  panjang untuk pembahasannya, namun secara garis besar pemahaman tersebut adalah benar.