Thursday, 14 September 2017

Mahasiswa FE UNNES Sosialisasi Pasar Modal ke Sekolah-Sekolah di Pulau Jawa

Perkuliahan di Universitas Negeri Semarang (UNNES) memang sudah memasuki minggu kedua. Namun siapa sangka, saat liburan semester sejumlah mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) yang tergabung dalam organisasi Unssaf (UNNES Stock Exchange Study Forum) melaksanakan sosialisasi pasar modal di berbagai sekolah di Pulau Jawa, bulan Agustus lalu.
Sosialisasi itu diantaranya di sekolah SMAN 1 Jatilawang Kabupaten Banyumas, SMAN 3 Pekalongan, SMAN 67 Jakarta, SMPN 2 Kasreman, Kabupaten Ngawi, SMKN 1 Cepu (Blora), SMAN 1 Balapulang ( Tegal), SMAN 7 Purworejo, SMAN 1 Gubug (Grobogan), SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT (Jombang Jawa Timur) dan SMAN 1 Ungaran (Kabupaten Semarang).
Kegiatan ini merupakan program Unssaf Road to School bertujuan untuk menanamkan mindset pentingnya investasi sejak dini dikalangan siswa. Selain itu, juga untuk mengenalkan mereka tentang transaksi saham di Pasar Modal Indonesia.
Melalui kampanye “Yuk Nabung Saham” yang diresmikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, saat ini Bursa Efek Indonesia bersama penggiat investasi memang sedang gencarnya melakukan sosialisasi kepada masyarakat.
Hal ini dilakukan karena sampai saat ini, literasi masyarakat terhadap pasar modal masih terbilang rendah jika dibandingkan dengan industri jasa keuangan lainnya seperti perbankan, asuransi, dan pegadaian.
Aksi sosialisasi serempak yang dilakukan mahasiswa FE Unnes-pun patut mendapatkan apresiasi karena di era MEA ini seharusnya siswa sudah memahami mekanisme dan praktik di pasar modal, namun sayangnya di sekolah sangat minim sekali pendidikan pasar modal bagi siswa maupun guru.

Artikel ini sudah pernah dimuat di laman Unnes

0 komentar: