Skip to main content

UCMC 2018 - Transform To Inspire



UCMC (Unnes Capital Market Competition) merupakan kompetisi untuk mengasah pengetahuan tentang pasar modal yang diselenggarakan oleh Unnes Stock Exchange Study Forum (Unssaf) yang diikuti 137 tim dari universitas di seluruh Indonesia. UCMC 2018 kali ini mengusung tema Transform to Inspire yang terinspirasi dari filosofi kupu-kupu yang awalnya hanyalah ulat kemudian bertransformasi menjadi kupu-kupu. Begitu pula dengan UCMC yang dulunya hanyalah kompetisi pasar modal biasa, dapat bertransformasi menjadi kompetisi yang luar biasa. Dalam UCMC ini ada beberapa serangkaian acara yang disajikan untuk 14 besar finalis UCMC.



Grand Opening
Grand opening UCMC diadakan pada tanggal 19 Juli 2018 di aula FE Unnes yang diikuti oleh finalis 14 besar UCMC 2018 dan tamu undangan. Kegiatan UCMC ini dibuka dengan pemukulan gong oleh Bapak WD 3 yaitu Bapak Kusmuriyanto, M. Si. Acara ini dimeriahkan oleh tari tradisional dan musik keroncong. 


Lucky Test
Lucky test merupakan serangkaian lomba dimana para finalis 14 besar UCMC 2018 mengerjakan soal-soal seputar pasar modal dalam bentuk kuis interaktif.


Focus General Discussion (FGD) dan Best of The Rest (BOTR)
FGD merupakan competitive discussion, tema yang diusung dalam FGD kali ini tentang kinerja pasar modal pada tahun 2018, sedangkan untuk topiknya yaitu tentang ekonomi domestik, ekonomi global, politik dan keamanan. Sedangkan untuk Best of The Rest  temanya tentang strategi dan inovasi milenial dalam kemajuan pasar modal. FGD dan BOTR diselenggarakan di Aula OJK Semarang pada tanggal 20 Juli lalu.
Investor Gathering
Investor Gathering dan Beauty Contest diselenggarakan pada tanggal 21 Juli di Aula FMIPA. I-Ring 2018 kali ini mengusung tema literasi investasi yang tidak hanya dihadiri oleh finalis 14 besar UCMC 2018 tetapi juga dihadiri oleh tamu undangan dan para pendaftar dari luar. Pembicara dalam investor gathering adalah Valdy Kurniawan (Senior Equity Analyst Phintraco Sekuritas).




Beauty Contest            Setelah acara I-Ring selesai, kemudian dilanjutkan beauty contest dimana finalis 7 besar yang berhasil lolos mempresentasikan analisis saham.
Field Trip
Hari terakhir tanggal 22 Juli 2018, finalis 14 besar UCMC 2018 diajak panitia untuk berjalan-jalan mengunjungi ikon Kota Semarang, Lawang Sewu. Hal ini bertujuan supaya para finalis dapat bersenang-senang setelah mengikuti serangkaian lomba yang menegangkan. Selain ke Lawang Sewu, peserta juga diajak mengelilingi Museum Ronggowarsito, selain liburan mereka mendapatkan ilmu baru tentang sejarah permuseuman Ronggowarsito. Di dalam museum peserta juga mengikuti Treasure Hunt untuk mencari-cari puzzle dan bermain bersama.



Gala Dinner
Gala Dinner dilaksanakan pada malam hari tanggal 22 Juli 2018 di Ballroom Hotel Alaska. Acara ini merupakan malam puncak UCMC 2018 sekaligus untuk mengumumkan juara UCMC 2018. Acara demi acara berjalan dengan lancar dan meriah. Sekali lagi, selamat untuk para pemenang UCMC 2018!


Terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu mensukseskan acara UCMC 2018 ini dan kepada seluruh Panitia UCMC 2018 yang telah luar biasa dalam mempersiapkan acara dari awal hingga akhir. See you on UCMC 2019!

UCMC! More Than Competition!
Link Download Dokumentasi UCMC 2018




Comments

Popular posts from this blog

Mendeteksi Bandarmologi dengan Volume Analisis

Banyak kita jumpai atau sering kita dengar bahwa untuk mendeteksi pergerakan smart money, big fund, atau bandar kita harus menganalisis volume. Hal tersebut benar adanya, namun perlu kita ketahui bahwa selain price ( harga saham ) yang dapat dengan dimanipulasi, volume saham pun dapat di manipulasi. Jika kita hanya melihat suatu angka yang tertera pada summary/ rekap pada data transaksi, maka hal tersebut tetaplah masih dapat dikatakan analisis yang bias. Dalam buku berjudul Value in Time karya Pascall WIllain, disebutkan bahwa pergerakan bandar/ big fund/ smart money dapat terdeteksi APABILA kita dapat memisahkan volume aktif dan volume pasif. Penjelasan mengenai kedua jenis volume tersebut tidak dapat saya tulis di blog ini karena akan memakan waktu  panjang untuk pembahasannya, namun secara garis besar pemahaman tersebut adalah benar.

Trading Limit Bukan Margin Trading

Dalam berinvestasi saham, ada istilah yang cukup terkenal yaitu Margin Trading. Secara sederhana Margin Trading dapat diartikan sebagai membeli saham dengan menggunakan dana pinjaman. Misalkan suatu perusahaan efek memberikan fasilitas Margin sebesar 100%, artinya jika nasabah memiliki dana tunai sebesar Rp200 juta, maka nasabah tersebut dapat membeli saham hingga Rp400 juta (Rp200 juta dana tunai nasabah ditambah Rp200 juta dari fasilitas Margin). Fasilitas Margin tersebut relatif populer di kalangan Investor karena dapat meningkatkan daya beli. Namun demikian, sistem Margin Trading ini memiliki resiko yang disebut Margin Call dan Forced Sell. Margin Call adalah pemberitahuan bagi nasabah bahwa terjadi penurunan harga saham sehingga nilai saham yang menjadi jaminan berkurang sementara besarnya fasilitas Margin nilainya tetap. Jika nasabah memperoleh Margin Call, maka nasabah harus menambah (Top Up) dana atau menjual

Pengumuman Staffpro Unssaf 2021

     Selamat kami ucapkan kepada peserta yang telah diterima menjadi Staffpro Unssaf 2021 dan juga selamat bergabung dengan keluarga besar Unssaf 2021. Terima kasih kepada seluruh peserta Open Recruitment (Oprec) Staffpro Unssaf 2021 atas partisipasinya yang luar biasa untuk mengikuti kegiatan ini. Apapun hasilnya, pasti itu adalah yang terbaik dan kalian akan tetap menjadi bagian dari keluarga besar Unssaf. Bagi yang belum berkesempatan manjadi bagian dari Staffpro Unssaf 2021, jangan pernah berkecil hati, karena wahana untuk belajar Pasar Modal sangat luas dan Unssaf sangat terbuka bagi siapapun yang ingin belajar materi tentang Pasar Modal.  Terima kasih dan tetap semangat!   DAFTAR STAFF PROFESSIONAL UNSSAF 2021 No Nama Jurusan 1. Ahmad Faishal Firmansyah Manajemen 2020 2. Akbar Rizky Saputra Manajemen 2019 3. Akhdan Surya Saputra Akuntansi 2020