Thursday, 26 July 2018

UCMC 2018 - Transform To Inspire



UCMC (Unnes Capital Market Competition) merupakan kompetisi untuk mengasah pengetahuan tentang pasar modal yang diselenggarakan oleh Unnes Stock Exchange Study Forum (Unssaf) yang diikuti 137 tim dari universitas di seluruh Indonesia. UCMC 2018 kali ini mengusung tema Transform to Inspire yang terinspirasi dari filosofi kupu-kupu yang awalnya hanyalah ulat kemudian bertransformasi menjadi kupu-kupu. Begitu pula dengan UCMC yang dulunya hanyalah kompetisi pasar modal biasa, dapat bertransformasi menjadi kompetisi yang luar biasa. Dalam UCMC ini ada beberapa serangkaian acara yang disajikan untuk 14 besar finalis UCMC.

Grand Opening
Grand opening UCMC diadakan pada tanggal 19 Juli 2018 di aula FE Unnes yang diikuti oleh finalis 14 besar UCMC 2018 dan tamu undangan. Kegiatan UCMC ini dibuka dengan pemukulan gong oleh Bapak WD 3 yaitu Bapak Kusmuriyanto, M. Si. Acara ini dimeriahkan oleh tari tradisional dan musik keroncong. 


Lucky Test
Lucky test merupakan serangkaian lomba dimana para finalis 14 besar UCMC 2018 mengerjakan soal-soal seputar pasar modal dalam bentuk kuis interaktif.


Focus General Discussion (FGD) dan Best of The Rest (BOTR)
FGD merupakan competitive discussion, tema yang diusung dalam FGD kali ini tentang kinerja pasar modal pada tahun 2018, sedangkan untuk topiknya yaitu tentang ekonomi domestik, ekonomi global, politik dan keamanan. Sedangkan untuk Best of The Rest  temanya tentang strategi dan inovasi milenial dalam kemajuan pasar modal. FGD dan BOTR diselenggarakan di Aula OJK Semarang pada tanggal 20 Juli lalu.
Investor Gathering
Investor Gathering dan Beauty Contest diselenggarakan pada tanggal 21 Juli di Aula FMIPA. I-Ring 2018 kali ini mengusung tema literasi investasi yang tidak hanya dihadiri oleh finalis 14 besar UCMC 2018 tetapi juga dihadiri oleh tamu undangan dan para pendaftar dari luar. Pembicara dalam investor gathering adalah Valdy Kurniawan (Senior Equity Analyst Phintraco Sekuritas).




Beauty Contest            Setelah acara I-Ring selesai, kemudian dilanjutkan beauty contest dimana finalis 7 besar yang berhasil lolos mempresentasikan analisis saham.
Field Trip
Hari terakhir tanggal 22 Juli 2018, finalis 14 besar UCMC 2018 diajak panitia untuk berjalan-jalan mengunjungi ikon Kota Semarang, Lawang Sewu. Hal ini bertujuan supaya para finalis dapat bersenang-senang setelah mengikuti serangkaian lomba yang menegangkan. Selain ke Lawang Sewu, peserta juga diajak mengelilingi Museum Ronggowarsito, selain liburan mereka mendapatkan ilmu baru tentang sejarah permuseuman Ronggowarsito. Di dalam museum peserta juga mengikuti Treasure Hunt untuk mencari-cari puzzle dan bermain bersama.



Gala Dinner
Gala Dinner dilaksanakan pada malam hari tanggal 22 Juli 2018 di Ballroom Hotel Alaska. Acara ini merupakan malam puncak UCMC 2018 sekaligus untuk mengumumkan juara UCMC 2018. Acara demi acara berjalan dengan lancar dan meriah. Sekali lagi, selamat untuk para pemenang UCMC 2018!



Terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu mensukseskan acara UCMC 2018 ini dan kepada seluruh Panitia UCMC 2018 yang telah luar biasa dalam mempersiapkan acara dari awal hingga akhir. See you on UCMC 2019!

UCMC! More Than Competition!
Link Download Dokumentasi UCMC 2018




0 komentar: