Skip to main content

UCMC 2021_RISE TOGETHER FOR BRILLIANT FUTURE


Semarang- UCMC (Unnes Capital Market Competition) 2021 merupakan kompetisi pengetahuan seputar pasar modal yang diadakan oleh UNNSAF (Unnes Stock Exchange Study Forum). Kompetisi ini diadakan secara daring, karena belum meredanya pandemic Covid-19 dari tahun lalu. Tema dari UCMC 2021 kali ini adalah "Rise Together for Brilliant Future. Acara ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta di seluruh Indonesia. Meskipun dilakukan secara daring, tidak membuat luntur semangat pendaftar untuk berkompetisi. Ada beberapa serangkaian acara UCMC 2021 diantaranya adalah :

·       8 Mei - 26 Juni  2021                  Pendaftaran

·       28 Juni 2021                               Technical Meeting Paper

·       29 Juni - 13 Juli 2021                 Paper Submission

·       12 Agustus                                   Pengumuman 10 besar

·       14 Agustus                                  Technical Meeting Final Day

·       26 - 28 Agustus                           Babak Final

Pada tanggal 8 Mei - 26 Juni 2021 dilaksanakan registrasi online melalui laman pendaftaran UCMC 2021 yang terdiri dari 2 presale yaitu yang pertama adalah Early Bird Registrasinya sebesar Rp 170.000 berlaku tanggal 8 - 16 Mei 2021, kemudian yang kedua adala normal registration registrasinya sebesar Rp 195.000 berlaku tanggal 17 Mei - 26 Juni 2021.

Pada tanggal 28 Juni 2021 dilaksanakan Technical Meeting Paper, kemudian di tanggal 29 - 13 Juli pembuatan dan pengumpulan paper. Lalu di tanggal 12 Agustus adalah pengumuman 10 besar finalis yang lolos masuk ke babak selanjutnya. 10 finalis yang lolos ke babak Grand Final merupakan finalis terbaik dalam membuat paper. Kemudian pada tanggal 14 Agustus 2021 dilaksanakan Technical Meeting Final Day secara virtual yang dihadiri oleh 30 peserta dari 10 tim. Technical Meeting kedua kali ini membahas tentang bagaimana kegiatan final round UCMC 2021 dan ketentuan yang harus diperhatikan oleh seluruh peserta finalis UCMC 2021 selama kegiatan berlangsung agar tidak terjadi miscom antara finalis dengan panitia.

Hari yang paling ditunggu-tunggu adalah final round, final round sendiri dilaksanakan 3 hari melalui via zoom meeting. Hari pertama final round dibuka dengan kegiatan Grand Opening. Grand Opening adalah serangkaian pembukaan dan pengesahan kegiatan final round UCMC 2021. Seluruh peserta wajib mengikuti acara dari awal sampai akhir secara virtual melalui via zoom meeting pada pukul 08.30 WIB. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars FE, Penayangan video dilanjut dengan sambutan-sambutan serta do'a dan diakhiri dengan penutupan. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan penuh hikmat. Setelah berakhirnya kegiatan Grand Opening dilanjutkan dengan kegiatan Lucky test. Lucky test merupakan salah satu serangkaian acara UCMC 2021 dalam babak final dimana seluruh finalis diuji pengetahuan seputar pasar modal yang dikemas sedemikian rupa. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 14.00 WIB - selesai. Lucky test ini memiliki bobot 20% dalam penentuan juara. Kegiatan ini diakhiri dengan sesi foto bersama melalui via zoom meeting.

Kemudian hari kedua final round merupakan kegiatan Beauty Contest. Kegiatan ini merupakan kegiatan dimana para finalis diminta untuk mempresentasikan analisis saham yang telah dibuat dalam bentuk power point. Beauty Contest ini sebagai penentuan juara dengan persentase 35%. Kegiatan ini digunakan juga sebagai komponen penentu Best Analyst. Acara ini dimulai dari pukul 07.00 WIB - selesai. Dan yang terakhir adalah study case, yaitu pembuatan konten berupa video yang diupload di YouTube Unssaf dengan berbagai ketentuan dengan persentase penilaian sesi juri (80%), like (10%), dan view (10%).

Di hari terakhir final round yaitu kegiatan I-Ring (Investor Gathering), dimana acara ini merupakan puncak dari acara UCMC 2021. Acara ini diisi dengan kegiatan webinar yang mendatangkan pembicara hebat, berprestasi dan sudah berpengalaman.pembicara hebat itu diantaranya yaitu Wiliam Hartanto (Founder WH project Dan technical Analyst) dan Bekti Sutikna ( Professional Trader dan champion of HOTS Championship season 2,3,4). Kegiatan I-Ring diikuti oleh 500 peserta yang dilaksanakan secara daring melalui via zoom meeting Dan live YouTube. Kegiatan ini dilaksanakan tanpa dipungut biaya apapun. Peserta sangat bersemangat mengikuti kegiatan ini dengan memberikan komenan yang positif dan memuji acara yang begitu keren dan mereka berharap  acara ini dapat dilaksanakan ditahun selanjutnya. Acara I-Ring tidak hanya acara webinar saja. Akan tetapi acara ini sekaligus sebagai pengumuman para juara yang terdiri dari juara 1, juara 2, juara 3, Best Analyst dan Best content. Pemenang lomba UCMC 2021  yaitu juara 1 jatuh kepada tim Actuarial Investment ( Sendy Winardi Sovian, Christoper, dan Jonas Yobel Pringadi) dari Universitas Padjajaran, juara 2 jatuh kepada tim Anti DO DO Club (Christopher samsuki, Surya Syafello, dan savannah putriquitha) dari Trisakti School of Management, juara 3 jatuh kepada tim HRE Capital (Ryan Edriyansyah Adhi, Rizqi Harry Ramadhan, dan Emilia Fransisca) dari Universitas Diponegoro. Sedangkan Best Analyst jatuh kepada tim Team Titans ( Theodore Henoch, Richella Darianne, dan Wirahadi Soesanto) dari Universitas Prasetya Mulya, dan yang terakhir adalah Best Content jatuh kepada tim pasupati ( Anak Agung Ngurah Gede Nandya Adityawarman, dan Aini Salsabila) dari Universitas Brawijaya.

Alhamdulillah acara ini dapat berjalan dengan lancar berkat dukungan dan kerjasama dari tim oleh panitia-panitia hebat juga peserta UCMC 2021 dan peserta webinar I-Ring. Semoga acara ini dapat berlanjut secara offline dan pandemic Covid-19 cepat berlalu dan pulih seperti semula. Akan kami tunggu calon para investor hebat dan luar biasa di UCMC 2022 yang akan datang nanti!!!

UCMC 2021_rise together for brilliant future

KSPM UNSSAF

 


Lampiran
















 







Comments

Popular posts from this blog

Mendeteksi Bandarmologi dengan Volume Analisis

Banyak kita jumpai atau sering kita dengar bahwa untuk mendeteksi pergerakan smart money, big fund, atau bandar kita harus menganalisis volume. Hal tersebut benar adanya, namun perlu kita ketahui bahwa selain price ( harga saham ) yang dapat dengan dimanipulasi, volume saham pun dapat di manipulasi. Jika kita hanya melihat suatu angka yang tertera pada summary/ rekap pada data transaksi, maka hal tersebut tetaplah masih dapat dikatakan analisis yang bias. Dalam buku berjudul Value in Time karya Pascall WIllain, disebutkan bahwa pergerakan bandar/ big fund/ smart money dapat terdeteksi APABILA kita dapat memisahkan volume aktif dan volume pasif. Penjelasan mengenai kedua jenis volume tersebut tidak dapat saya tulis di blog ini karena akan memakan waktu  panjang untuk pembahasannya, namun secara garis besar pemahaman tersebut adalah benar.

Pengumuman Staffpro Unssaf 2021

     Selamat kami ucapkan kepada peserta yang telah diterima menjadi Staffpro Unssaf 2021 dan juga selamat bergabung dengan keluarga besar Unssaf 2021. Terima kasih kepada seluruh peserta Open Recruitment (Oprec) Staffpro Unssaf 2021 atas partisipasinya yang luar biasa untuk mengikuti kegiatan ini. Apapun hasilnya, pasti itu adalah yang terbaik dan kalian akan tetap menjadi bagian dari keluarga besar Unssaf. Bagi yang belum berkesempatan manjadi bagian dari Staffpro Unssaf 2021, jangan pernah berkecil hati, karena wahana untuk belajar Pasar Modal sangat luas dan Unssaf sangat terbuka bagi siapapun yang ingin belajar materi tentang Pasar Modal.  Terima kasih dan tetap semangat!   DAFTAR STAFF PROFESSIONAL UNSSAF 2021 No Nama Jurusan 1. Ahmad Faishal Firmansyah Manajemen 2020 2. Akbar Rizky Saputra Manajemen 2019 3. Akhdan Surya Saputra Akuntansi 2020

Pengumuman Magang Unssaf 2021

Selamat kami ucapkan kepada peserta yang telah diterima menjadi Magang Unssaf 2021 dan juga selamat bergabung dengan keluarga besar Unssaf 2021. Terima kasih kepada seluruh peserta Open Recruitment (Oprec) Magang Unssaf 2020 atas partisipasinya yang luar biasa untuk mengikuti kegiatan ini. Apapun hasilnya, pasti itu adalah yang terbaik dan kalian akan tetap menjadi bagian dari keluarga besar Unssaf. Bagi yang belum berkesempatan manjadi bagian dari Magang Unssaf 2021, jangan pernah berkecil hati, karena wahana untuk belajar Pasar Modal sangat luas dan Unssaf sangat terbuka bagi siapapun yang ingin belajar materi tentang Pasar Modal. Selain itu, kalian juga masih punya kesempatan untuk mendaftar di Open Recruitment (Oprec) Staffpro Unssaf 2022. Terima kasih dan tetap semangat! DAFTAR MAGANG UNSSAF 2021   NO NAMA NIM          JURUSAN 1 ACHMAD RIYADIN 7311421087 MANAJEMEN 2 AGESTI DWI