Berhasil Menjadi Juara Satu pada Capital Market Competition



    Pada tanggal 2 maret 2020 sampai dengan 4 April 2020 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menadakan kompetisi pasar modal “EXPLOTION”. Dalam ajang perlombaan pasar modal tersebut UNSSAF mendelegasikan NR Team yang beranggotakan Noviana Jamiaturrocmah dan Rizal Nur Rafly dan mereka berhasil lolos dan masuk 10 besar pada tahap online trading 9 Maret 2020. Pada tanggal 20 April 2020 di umumkan melalui Instagram “EXPLOTION” NR Team berhasil menyabet juara 1 dan mampu mengalakan delegasi-delegasi lain.

Kompetisi diawali dengan online trading selama satu minggu, lalu diambil 10 besar untuk masuk ke final round, lalu para finalis diminta untuk membuat paper tentang emiten  dengan waktu pembuatan 2 minggu, pada 2 April 2020 final round peserta diminta membuat essay dengan waktu 90 menit serta kuis tentang pasar modal yang berjumlah 100 soal.

NR Team berhasil menduduki juara satu dengan strategi “main aman” yang dimaksud main aman adalah dikarenakan kegiatan bertepatan dengan adanya pandemic covid-19 maka beberapa saham turun sehingga strategi yang diambil yaitu membeli saham saat menjelang closing lalu jika sudah cuan sekitar 2% langsung jual. Lalu saat membuat paper harus dimaksimalkan, mereka menggunakan reverensi paper anggota UNSSAF yang dulu pernah meraih juara.  Saat essay kita harus rajin update news tentang keadaan makro ekonomi di Indonesia. Sedangkan saat kuis kita pelajari rumus cara menghitung rasio keuangan dan selalu update dengan memahami istilah yang belum dipahami dalam pasar modal.

Pesan untuk yang ingin mengikuti lomba pasar modal adalah “Jadi ya gini, kspm ini menurutku organisasi yang lengkap banget, mulai dari tempat kita belajar organisasi, mendapat relasi, belajar jadi panitia suatu event, belajar tentang pasar modal juga tentunya, nah mesti kalo masuk kspm motivasinya salah satunya ya pengen belajar pasar modal juga kan ga mungkin masuk kspm itu motivasinya pengen pinter main futsal, nah kita anggota kspm juga patut bersyukur lah karena kspm termasuk organisasi yang banyak banget lombanya, masa iya si dari banyak banyak lomba itu gada yang ikut satupun? Lagian tujuannya juga bisa buat ngukur sejauh mana perkembangan pengetahuanku si selama di kspm gitu, pokoknya targetnya gaperlu juara dulu gapapa, ngerasain atmosfernya dulu, kalo misal temen temen tekunin di unssaf, terus ga berhenti belajar tentang pasar modal, ibarat kata tuh ga bosen bosen gitu loh tentang dunia pasar modal, itu juara bakal dateng sendiri kok. Jadi harus percaya proses, learning by doing lah, usaha itu emang gabakal ngibulin hasilnya” ujar Rafly pemenang lomba serta anggota UNSSAF. Yuk kita tunggu prestasi selanjutnya.


No comments:

Pages