Sudah 9 Tahun Berjalan, UCMC 2023 Kembali Hadir dengan Mengusung Konsep Baru

Semarang - Event tahunan KSPM UNSSAF yaitu UNNES Capital Market Competition (UCMC) merupakan serangkaian kompetisi pasar modal yang diselenggarakan untuk memeriahkan Dies Natalis FEB UNNES. Tahun ini merupakan tahun ke-9 UCMC dengan mengusung tema “Unleashing The Gateway to The Financial World Through The Art of Investing”. Puncak acara dari kompetisi ini diselenggarakan selama 3 hari, yaitu pada hari Kamis - Sabtu, 10-12 Agustus 2023. 


Di hari pertama, serangkaian kegiatan UCMC dimulai dengan Grand Opening (GO), ini merupakan acara pembukaan secara simbolis yang menandakan bahwa serangkaian final round UCMC 2023 akan dimulai. Acara ini dihadiri oleh 10 finalis UCMC 2023 secara offline, jajaran birokrat, dan dimeriahkan oleh pemutaran video makna tema, pertunjukan solo vokal serta modern dance. Setelah acara tersebut, para finalis mulai melaksanakan serangkaian lomba final round yang diawali dengan Case Study (CS) yang merupakan kompetisi debat sebagai penentuan Best Speaker. Selanjutnya, para finalis diarahkan untuk melaksanakan lomba berikutnya yaitu Lucky Test (LT) yang merupakan kompetisi cerdas cermat untuk menguji pengetahuan pasar modal dan ketangkasan finalis.


Hari kedua UCMC 2023, melanjutkan serangkaian lomba yang selanjutnya, yaitu Beauty Contest (BC). Pada kegiatan ini para finalis akan mempresentasikan hasil analisis saham yang telah dibuat dalam bentuk Power Point, dan bertujuan untuk penentuan Best Analyst. Lalu dilanjutkan dengan Networking Session (NS) yang bertujuan untuk mengenalkan kota Semarang kepada para finalis yang dipandu oleh tour guide yang bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Kota Semarang. 


Hari terakhir UCMC 2023, para peserta menuju ke PT Telkom Indonesia guna melaksanakan kegiatan selanjutnya yaitu Company Visit (CV). Kegiatan mengunjungi perusahaan atau instansi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang kegiatan yang terdapat dalam sebuah perusahaan. Saat ini, panitia UCMC 2023 bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia yang berada di kota Semarang. Akhir dari serangkaian acara UCMC 2023 ditutup dengan Seminar dan Talkshow Nasional bertajuk Investor Gathering (I-Ring) yang merupakan acara puncak UCMC 2023 serta acara pengumuman Juara 1, 2, 3, Best Speaker dan Best Analyst UCMC 2023. Tahun ini I-Ring mengusung tema “Cultivate The Invest Capability for The Brilliant Generation” dan mengundang para pembicara hebat yaitu Akhmad Nuranyanto sebagai Senior Officer of BEI Jawa Tengah 1, dan seorang Professional Trader yaitu Michael Yeoh. Kegiatan ini berlangsung secara hybrid yang juga dibuka untuk umum, sehingga para mahasiswa dan masyarakat umum juga berpartisipasi dalam acara ini. 


Acara diakhiri dengan pengumuman para juara UCMC 2023, nominasi Best Speaker diraih oleh tim Si Paling Cuan yang berasal dari Universitas Indonesia. Nominasi Best Analyst diraih oleh tim Pyrite Capital dari UPN Veteran Jakarta. Selanjutnya, 2nd Runner Up diraih oleh tim KEP Capital yang berasal dari Universitas Gadjah Mada. Lalu, 1st Runner Up diraih oleh tim Freeloader yang berasal dari Trisakti School of Management. Dan yang terakhir yaitu Winner of UCMC 2023 diraih oleh D’Fighters yang berasal dari Universitas Diponegoro. Acara ditutup dengan foto bersama para peserta Investor Gathering 2023.


Kegiatan UCMC 2023 telah berakhir, serangkaian acara telah terlaksana dengan sukses. Banyak finalis yang memberikan feedback positif tentang acara ini. Para panitia yang juga dibantu oleh para volunteer telah berhasil menggelar event terbesar dari KSPM UNSSAF. Selamat kepada para pemenang dan sampai bertemu lagi di UCMC 2024.


-Departemen SIM- 

No comments:

Pages