Skip to main content

Perkenalkan Pasar Modal ke Siswa SMA, Unssaf Lakukan Goes to School




Apasih UNSSAF Goes To School (UGTS) itu?

Seperti yang sudah dijelaskan pada postingan sebelumnya, UGTS merupakan salah satu agenda baru di periode kepengurusan UNSSAF tahun ini dan secara khusus, tercatat sebagai program kerja baru milik Departemen Event. Dalam kegiatan ini, kami akan secara langsung memberikan edukasi sederhana kepada siswa SMA tentang materi Pasar Modal. Tentu saja, pembelajaran ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mereka tentang dunia Pasar Modal dan apa saja yang ada di dalamnya. Secara tidak langsung, kami juga ingin menanamkan sebuah pemikiran baru kepada mereka bahwa investasi itu penting dan tidak harus menunggu hingga masa tua tiba.

UGTS in SMA Negeri 1 Ungaran

Dengan mempertimbangkan beberapa hal, UNSSAFmemilih SMA Negeri 1 Ungaran sebagai tempat dilaksanakannya UGTS tahun ini. Agenda yang telah terlaksana pada tanggal 9 Mei 2015 lalu itu telah menerima respon yang luar biasa baiknya dari pihak sekolah maupun siswa. Antusias siswa terlihat dari penuhnya ruangan multimedia yang kala itu menjadi tempat berlangsungnya kegiatan ini dan keseriusan mereka dalam menyimak materi yang disajikan oleh pemateri. Tak hanya itu, dukungan dari pihak sekolah pun terus mengalir. Bahkan, UGTS yang pada awalnya hanya akan dilaksanakan satu sesi, akhirnya bertambah satu sesi lagi karena permintaan langsung dari pihak kesiswaan dan guru pengampu mata pelajaran Ekonomi saat itu.

Tema dari kegiatan UGTS tahun ini adalah Melahirkan Investor Muda yang Berkarakter. Sesuai dengan tema tersebut, kami tidak hanya memberikan edukasi tentang pasar modal kepada siswa, tetapi juga memperkenalkan kepada mereka tentang simulasi trading sederhana dan etika yang seharusnya dimiliki oleh seorang investor. Tujuannya adalah agar mereka tidak memiliki paradigma bahwa berinvestasi itu tidak ada bedanya dengan gambling dan berinvestasi itu tidak memerlukan sebuah teori atau analisis. Disini, kami ingin menekankan bahwa berinvestasi itu perlu dan menjadi seorang investor yang beretika serta berkarakter itu adalah suatu keharusan yang nantinya akan memberikan nilai plus sendiri bagi seorang investor.

Penasaran dengan Kegiatan UGTS di SMA 1 Ungaran?

Oke, setelah kita berbicara banyak tentang UGTS, tidak lengkap rasanya jika kita tidak melihat beberapa momen yang berhasil terekamdalam kamera tim dokumentasi UGTS berikut ini :

Ruang multimedia SMA N 1 Ungaran, tempatberlangsungnyakegiatan UGTS 2015.

Sambutan dari Ketua Panitia UGTS, yang pada kesempatan saat itu berhalangan hadir, kemudian digantikan oleh Wakil Ketua Panitia, Kak M. Ali Fahmi Arsyad.


Pemaparan Materi oleh Kak Laksmita Diani Putri. Tuhh lihat! Ibu Guru pengampu mata pelajaran Ekonominya pun tidak mau kalah dengan siswa-siswinya, beliau ikut menyimak materi yang disampaikan oleh Kak Mita.


 
Antusias siswa dan siswi SMA Negeri 1 Ungaran saat penyampaian materi.

 Ada lagi nihh!!! Ramaikan? Belum lagi ditambah dengan sesi ke-dua yang tak kalah ramainya dari sesi pertama.

Nahhh, itu tadi beberapa momen yang berhasil terekam dalam kegiatan UGTS tahun ini. Seru bukan? Untuk kalian siswa SMA, jangan khawatir, UGTS akan kembali lagi tahun depan dengan kemasan acara yang tentunya lebih menarik dan inovatif. Tetap semangat dan jangan lupa, investasi itu perlu, tidak harus menunggu waktu tuamu tiba! Bye byee~
 UNSSAF? Polpolkeee!!!

 (Ina/Event)

Comments

Popular posts from this blog

Trading Limit Bukan Margin Trading

Dalam berinvestasi saham, ada istilah yang cukup terkenal yaitu Margin Trading. Secara sederhana Margin Trading dapat diartikan sebagai membeli saham dengan menggunakan dana pinjaman. Misalkan suatu perusahaan efek memberikan fasilitas Margin sebesar 100%, artinya jika nasabah memiliki dana tunai sebesar Rp200 juta, maka nasabah tersebut dapat membeli saham hingga Rp400 juta (Rp200 juta dana tunai nasabah ditambah Rp200 juta dari fasilitas Margin). Fasilitas Margin tersebut relatif populer di kalangan Investor karena dapat meningkatkan daya beli. Namun demikian, sistem Margin Trading ini memiliki resiko yang disebut Margin Call dan Forced Sell. Margin Call adalah pemberitahuan bagi nasabah bahwa terjadi penurunan harga saham sehingga nilai saham yang menjadi jaminan berkurang sementara besarnya fasilitas Margin nilainya tetap. Jika nasabah memperoleh Margin Call, maka nasabah harus menambah (Top Up) dana atau menjual

Selamat Bergabung Unssaf 2020!

Terimakasih kami ucapkan kepada seluruh peserta  Open Recruitment  (Oprec) Staff Professional Unssaf 2020 atas partisipasi yang begitu luar biasa untuk mengikuti kegiatan tersebut. Apapun hasilnya kalian tetap menjadi keluarga besar dari Unssaf. Bagi yang belum berkesempatan menjadi Staff Professional Unssaf tahun 2020, jangan berkecil hati, karena wahana untuk belajar Pasar Modal sangat luas dan Unssaf sangat terbuka bagi siapapun yang ingin belajar materi tentang Pasar Modal. Tak lupa kami ucapkan selamat kepada peserta yang telah lolos seleksi! Berikut adalah daftar Staff Professioinal UNSSAF 2020 : No Nama  Jurusan  1 M. Rizaludin Hasan Manajemen 2018 2 Abdul Chotib Nasih Manajemen 2018 3 Adi Sora Maskus Ginting  Manajemen 2019 4 Akbar Rizky Saputra  Manajemen 2019 5 Almarshanda Dienta Endriyanti  Manajemen IUP 2019 6 Amelia Inka Lita Akuntansi 2018 7 Ananda D

Mendeteksi Bandarmologi dengan Volume Analisis

Banyak kita jumpai atau sering kita dengar bahwa untuk mendeteksi pergerakan smart money, big fund, atau bandar kita harus menganalisis volume. Hal tersebut benar adanya, namun perlu kita ketahui bahwa selain price ( harga saham ) yang dapat dengan dimanipulasi, volume saham pun dapat di manipulasi. Jika kita hanya melihat suatu angka yang tertera pada summary/ rekap pada data transaksi, maka hal tersebut tetaplah masih dapat dikatakan analisis yang bias. Dalam buku berjudul Value in Time karya Pascall WIllain, disebutkan bahwa pergerakan bandar/ big fund/ smart money dapat terdeteksi APABILA kita dapat memisahkan volume aktif dan volume pasif. Penjelasan mengenai kedua jenis volume tersebut tidak dapat saya tulis di blog ini karena akan memakan waktu  panjang untuk pembahasannya, namun secara garis besar pemahaman tersebut adalah benar.